AULIA, FARAS YUNIAR (2024) KEMAMPUAN LITERASI BACA-TULIS PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 2 BANJARHARJO BREBES TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
SKRIPSI.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi baca-tulis kelas VIII SMPN 2 Banjarharjo Brebes. Jenis penelitian ini adalah deskripsi kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, kuisioner, wawancara, dan dokumentasi. Penyajian hasil analisis data
dilakukan secara informal. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan literasi baca-tulis kelas VIII SMPN 2 Banjarharjo Brebes cukup rendah dengan memperoleh nilai tes membaca dibawah rata-rata yaitu 53,7 dan tes menulis dibawah rata-rata 6,2 selain itu dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Fakor internal
meliputi kurangnya pemahaman peserta didik dalam bacaan, dan
membutuhkan waktu untuk dapat memahami makna suatu bacaan. Faktor eksternal meliputi kurangnya perhatian orang tua menjadi alasan peserta didik dalam belajar, serta buku yang kurang pembaruan. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya hasil tes menunjukan bahwa peserta didik memperoleh nilai dibawah rata-rata. Selain itu juga didukung dengan
adanya pernyataan angket peserta didik yang menunjukan bahwa peserta didik membutuhkan waktu yang cukup untuk dapat memahami isi bacaan dalam buku, dan membaca ulang untuk bias memahami bacaan. Dikuatkan dengan hasil wawancara kepala sekolah dan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia juga menyatakan bahwa kemampuan literasi peserta didik masih
harus dikembangkan lebih lanjut.
Kata Kunci: kemampuan literasi baca-tulis, peserta didik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 07:23 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 07:23 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5232 |