Maulana, Gingin Komarudin (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMP NEGERI 37 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Gingin Komarudin Maulana.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah pada penelitian ini yaitu Indonesia
telah mengalami perubahan kurikulum sehingga beberapa guru merasa bingung
dalam pelaksanaan pembelajaran PJOK disekolah. Dengan demikian perlu adanya
kajian yang mendalam terkait pelaksanaan pembelajaran disekolah, apakah
pembelajaran sudah sesuai dengan kurikulum atau belum.
Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian pendekatan kuantitatif
dengan Teknik pengumpulan data Angket, Observasi dan Dokumentasi. Populasi
dalam penelitian ini adalah 2 orang guru PJOK dan seluruh siswa aktif kelas VIII.
Sampel dalam penelitian ini adalah 2 orang guru PJOK dan seluruh siswa aktif
kelas VIII. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan Total Sampling,
Teknik pengumpulan data dengan Presentase.
Hasil dari penelitian implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran
PJOK SMP Negeri 37 Semarang ini menunjukan bahwa pembelajaran PJOK
yang dilaksanakan oleh Guru PJOK sudah sesuai dengan instrument pengamatan
perenanaan, pelaksanaan dan evaluasi di kurikulum meerdeka. Terdapat faktor
utama yang mempengaruhi implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran
PJOK SMP Negeri 37 Semarang. Hasil penelitian menunjukan bahwa
perencanaan pembelajaran Subjek A Mencapai 97,2% dan Subjek B mencapai
97,2%, Pelaksanaan Pembelajaran Subjek A mencapai 89,5% dan Subjek B
mencapai 89,5%, evaluasi pembelajaran Subjek A mencapai 94,4% dan Subjek B
mencapai 91,6%.
Kesimpulan
dari
penelitian
implementasi
kurikulum
merdeka
pada
pembelajaran PJOK dengan kurikulum merdeka di SMP Negeri 37 Semarang
sudah dilaksanakan dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari faktor-faktor
perencanaan pembelajaran dengan mencantumkan Capaian Pembelajaran (CP),
Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), serta Menyusun Modul ajar, dalam
Pelaksanaan Pembelajaran guru selalu memberikan umpan balik kepada siswa,
guru selalu memotivasi siswa dan guru selalu menggunakan berbagai metode
pembelajaran bervariasi untuk membantu siswa dalam mengembangkan
kompetensinya, dalam evaluasi pembelajaran guru sudah merancang asesmen.
Kata Kunci: Implementasi, kurikulum merdeka, PJOK
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 03:59 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 03:59 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5211 |