PENERAPAN PENDEKATAN PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA SISWA KELAS 8 DI SMP KESATRIAN 1 SEMARANG

Prayuda Utama, Galela Shafa’ (2024) PENERAPAN PENDEKATAN PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA SISWA KELAS 8 DI SMP KESATRIAN 1 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Galela Shafa’ Prayuda Utama 19230209.pdf] Text
Galela Shafa’ Prayuda Utama 19230209.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kurangnya pencapaian pembelajaran lompat jauh pada siswa salah satu
penyebabnya metode dan model dalam pembelajaran yang dipakai. Permainan
lompat tali sebagai model diharapkan meningkatkan wawasan dan keterampilan
guru agar lebih kreatif serta membuat siswa lebih aktif yang berdampak pada hasil
belajar siswa. Riset ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran lompat
jauh gaya jongkok dengan metode permainan lompat tali.
Metode penelitian ini menggunakan desain dengan menggunakan Quasy
Experiment designs. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes seperti
tes afektif, kognitif, dan psikomotor guna mengukur hasil belajar lompat jauh gaya
jongkok. Analisa data menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukan kelompok kontrol menunjukan t hitung sebesar
8,129 lebih dari t tabel sebesar 2,000 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.
Pada kelompok perlakuan pendekatan permainan tradisional yaitu permainan
lompat tali menunjukan hitung sebesar 12,197 lebih dari t tabel sebesar 2,000 dan
nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dilihat dari nilai statistik, kelompok
perlakuan lebih signifikan pengaruhnya karena t hitung sebesar 12,197 > 2,000 dan
nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,00. Selain itu, penelitian ini juga menganalisis
secara keseluruhan data rerata pretest dan posttest antara kedua kelompok kontrol
dan eksperimen menunjukan rerata yang paling besar pengaruhnya adalah
kelompok eksperimen dengan nilai 13,7 %. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu
terdapat peningkatan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok dengan menerapkan
pendekatan permainan tradisional yaitu permainan lompat tali pada siswa SMP
Kesatrian 1 Semarang. Permainan lompat tali sebesar 13,7% pengaruhnya terhadap
peningkatan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok siswa SMP Kesatrian 1
Semarang.
Kata Kunci : Permainan, Hasil Belajar, Lompat Jauh, Gaya Jongkok.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 07 Oct 2024 03:47
Last Modified: 07 Oct 2024 03:47
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5208

Actions (login required)

View Item
View Item