PRAYOGO, DEBY (2024) HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 1 GUBUG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
DEBY PRAYOGO.pdf
Download (1MB)
Abstract
Deby Prayogo. NPM 19110032 : “Hubungan antara konsep diri dengan
prokrastinasi akademik peserta didik SMP Negeri 1 Gubug”. Skripsi.
Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Univeritas
PGRI Semarang. 2022. Dosen Pembimbing I : Eka Sari Setianingsih. S.Pd., M.Pd.
Pembimbing II : Dr. Chr.Argo Widiharto, M.Si
Penelitian Hubungan antara konsep diri dengan prokrastinasi akademik
peserta didik SMP Negeri 1 Gubug. Penelitian dilatarbelakangi oleh tingginya
sikap prokrastinasi akademik pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Gubug.
Peserta didik mengaku sering menunda mengerjakan tugas karena memiliki
persepsi negatif terhadap kemampuan intelegensi yang dimilikinya terutama pada
mata pelajaran yang menurutnya sulit dan memilih untuk menghabiskan waktu
bermain gawai. Hal tersebut disebabkan karena peserta didik memiliki konsep diri
yang rendah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian
korelasional. Populasi data penelitian sejumlah 293 peserta didik, meliputi VIII A,
VIII B, VIII C, VIII D, VIII E, VIII F, VIII G, VIII H dan VIII I. Sampel uji coba
(Try out) berjumlah 32 peserta didik kelas VIII A. Sampel dalam penelitian ini
sejumlah 64 peserta didik yang diambil dengan teknik cluster rondom sampling.
Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala Konsep diri dan skala
Prokrastinasi akademik.
Berdasarkan uji korelasi Person Product Moment, diperoleh hasil nilai
korelasi r hitung sebesar -0,254. Sedangkan nilai r tabel untuk jumlah sampel 64
dengan taraf signifikansi 5% sebesar 0,244. Oleh karena itu nilai r hitung 0,254 >
r tabel 0,244 yang berarti kedua variabel tersebut memiliki hubungan yang
signifikan. Maka disimpulkan bahwa terdapat korelasi secara signifikan antara
konsep diri dengan prokrastinasi akademik peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1
Gubug. Hubungan tersebut menunjukkan hubungan yang negatif, karena nilai
r hitung yang didapat bertanda negatif. Hubungan negatif tersebut memiliki arti
semakin tinggi konsep diri maka semakin rendah prokrastinasi akademik
peserta didik, begitu pula sebaliknya semakin tinggi prokrastinasi akademik
peserta didik maka semakin rendah konsep diri peserta didik.
Kata kunci : Konsep diri, Prokrastinasi akademik
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 03:29 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 03:29 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5204 |