SYAHPUTRA, ARYA INDRA (2024) HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN PERILAKU BULLYING SISWA KELAS XI SMAN 3 PATI. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
FINISH (1).pdf
Download (2MB)
Abstract
Sekolah merupakan sebuah institusi pendidikan yang menjadi wadah dan
berlangsungnya proses pendidikan, memiliki sistem yang komplek dan dinamis
dalam perkembangan masyarakat yang semakin maju. Selain sebagai institusi
pendidikan, sekolah kerap kali menjadi tempat terjadinya bullying. Tindakan
bullying yang dilakukan oleh yang merasa berkuasa terhadap yang lemah,
sehingga kepercayaan diri pada korban bullying mengalami penurunan.
Penelitian ini bertujuan melihat hubungan antara perilaku kepercayaan diri
dengan perilaku bulllying siswa di SMAN 3 Pati. Populasi pada penelitian ini
adalah siswa SMAN 3 Pati. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu
kuantitatif deskriptif. Adapun rumusan masalah yang diajukan adalah apakah ada
hubungan antara perilaku bullying dengan kepercayaan diri siswa di SMAN 3
Pati. Metode analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian
adalah dengan menggunakan teknik random sampling.
Hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa ada hubungan negatif
signifikan antara perilaku bullying dengan kepercayaan diri siswa SMAN 3 Pati,
dengan koefesien korelasi sebesar (rxy) = -0.375 (p < 0.05). Hasil tersebut
menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif signifikan antara perilaku bullying
dengan kepercayaan diri siswa. Hasil tersebut menggambarkan bahwa Semakin
tinggi perilaku bullying disekolah, maka semakin rendah kepercayaan diri siswa.
Sebaliknya, semakin rendah perilaku bullying disekolah maka semakin tinggi
kepercayaan diri siswa.
Kata kunci : Kepercayaan Diri, Perilaku Bullying
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 03:28 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 03:28 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5202 |