LESTARI, LIA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MELALUI PENDEKATAN CRT (CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI IPAS KELAS IV SDN BANGETAYU WETAN 02. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
SKRIPSI LIA LESTARI_20120190_PGSD 2020.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
LIA LESTARI. NPM 20120190. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based
Learning Melalui Pendekatan CRT (Culturally Responsive Teaching) Terhadap Hasil
Belajar Siswa Materi IPAS Kelas IV SDN Bangetayu Wetan 02”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Universitas PGRI Semarang. 2024.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah saat pelaksanaan proses
pembelajaran guru belum menggunakan model pembelajaran dan pendekatan
pembelajaran di kelas IV SDN Bangetayu Wetan 02. Dalam proses pembelajaran guru
masih menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan. Model pembelajaran
yang digunakan kurang bervariasi, sehingga peserta didik kurang berantusias dalam
belajar. Selain itu juga guru belum menggunakan pendekatan pada materi IPAS.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah model pembelajaran problem
based learning dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa materi IPAS Kelas 4 SDN
Bangetayu Wetan 02 dan apakah melalui pendekatan Culturally Responsive Teaching
dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa materi IPAS Kelas 4 SDN Bangetayu
Wetan 02. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
problem based learning melalui pendekatan CRT (Culturally Responsive Teaching)
terhadap hasil belajar siswa materi IPAS Kelas IV SDN Bangetayu Wetan 02.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan bentuk penelitian Quasi
Experimental Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV di SDN
Bangetayu Wetan 02. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN
Bangetayu Wetan 02 dengan jumlah 34 siswa. Data penelitian ini diperoleh melalui tes
dan non tes. Tes meliputi pretest dan posttest. Sedangkan non tes meliputi observasi dan
wawancara.
Hasil analisis data siswa dibuktikan dengan menggunakan uji t dua pihak polled
varian, diperoleh nilai thitung sebesar 68,11. Dengan db = n1+n2 ̶ 1 = 33 dan taraf
signifikan 5% = 0,05, diperoleh ttabel 2,035. Jadi thitung > ttabel= 68,11 > 2,035 jadi H0
ditolak dan H1 diterima. Kesimpulannya terdapat pengaruh dari model pembelajaran PBL
(Problem Based Learning) Melalui Pendekatan CRT (Culturally Responsive Teaching)
Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi IPAS Kelas IV SDN Bangetayu Wetan 02.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang disampaikan adalah agar model problem
based learning dan pendekatan culturally responsive teaching dapat digunakan sebagai
salah satu alternatif guru dalam mengajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 02:01 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 02:01 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5100 |