PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP KECERDASAN EMOSI SISWA KELAS XI AKL SMK NEGERI 2 SEMARANG

SURYATI, LINA (2024) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP KECERDASAN EMOSI SISWA KELAS XI AKL SMK NEGERI 2 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of skripsi lengkap baru lina suryati (1)-1 - LINA SURYATI-1.pdf] Text
skripsi lengkap baru lina suryati (1)-1 - LINA SURYATI-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Lina Suryati. NPM.20110029: “Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok
Teknik Sosiodrama Terhadap Kecerdasan Emosi Siswa Kelas XI AKL SMK Negeri
2 Semarang” Skripsi Program Studi Bimbingan dan Konseling Falkutas Ilmu
Pendidikan
Universitas
PGRI
Semarang
Tahun
2024.
Dr.
Arri
Handayani.S.Psi.,M.Si. Dr. Padmi Dhyah Yulianti, S.Psi, M.Psi, Psi.
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kecerdasan emosi siswa
kelas XI SMK Negeri 2 Semarang yang ditunjukan dengan beberapa masalah
seperti kurang motivasi dalam belajar, siswa kurang menyadari emosinya, dalam
meluapkan emosi siswa lebih mengikuti keinginannya untuk memperoleh
kepuasan, sering terjadi perselisihan dengan teman.
Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini adalah terkait kecerdasan
emosi siswa kelas XI Akuntansi Keuangan Lembaga (AKL). Penelitian ini
bertujuan meningkatkan kecerdasan emosi siswa kelas XI Akuntansi Keuangan
Lembaga (AKL) SMK N 2 Semarang menggunkana layanan bimbingan kelompok
teknik sosiodrama. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian
eksperimen yang digunakan yaitu pre- experimental design. Populasi pada
penelitian ini berjumlah 108 siswa kelas XI AKL (Akuntansi Keuangan Lembaga)
dan Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas XI AKL (Akuntansi Keuangan
Lembaga) yang berjumlah 20 siswa dibagi menjadi 2 kelompok yaitu 10 kelompok
kontrol dan 10 kelompok eksperimen dengan menggunakan Teknik random
sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui instrument skala psikologi
kecerdasan emosi.
. Berdasrkan uji hipotesis, diperoleh hasil sigifikasi (2-tailed) sebesar 0,000.
Maka hasil nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05 atau 0,000 < 0,05. Jadi terdapat
perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest. Hal ini menunjukan bahwa
bimbingan kelompok teknik sosiodrama dapat bepengaruh pada kecerdasan emosi
siswa kelas XI AKL (Akuntansi Keuangan Lembaga) SMK N 2 Semarang.
Manfaatkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dalam
menghadapi suatu permasalahan pribadi pada lingkungan sekelilingnya sehingga
dapat menyelesaikan tugas perkembangan dengan kemampuan yang dimilikinya.
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Sosiodrama, Kecerdasan Emosi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 02 Oct 2024 01:49
Last Modified: 02 Oct 2024 01:49
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5095

Actions (login required)

View Item
View Item