SAFITRI, DESYANA AJENG (2023) PENERAPAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN IPAS DI SDN BETOKAN 2 DEMAK. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
DESYANA AJENG SAFITRI 18120219.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (19MB)
Abstract
DESYANA AJENG SAFITRI. NPM 18120219. “Penerapan Profil Pelajar
Pancasila dalam Pembelajaran IPAS di SDN Betokan 2 Demak”. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. 2023. Dosen Pembimbing I: Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd. Dosen
Pembimbing II: Filia Prima Artharina, S.Pd., M.Pd.
Era modernisasi saat ini, ancaman hilangnya karakter bangsa semakin nyata.
Salah satu peristiwa yang menggambarkan melemahnya Pendidikan membentuk
generasi berkarakter adalah kriminalitas yang melibatkan peserta didik. Melalui
pembelajaran IPAS, kita dapat mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang sesuai
dengan karakter bangsa.
Fokus penelitian ini adalah bagaimana penerapan Profil Pelajar Pancasila
dalam pembelajaran IPAS di SDN Betokan 2 Demak,serta apa saja faktor
pendukung dan penghambat penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran
IPAS di SDN Betokan 2 Demak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis
penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran IPAS di SDN Betokan 2
Demak, serta menganalisis faktor pendukung dan penghambat penerapan Profil
Pelajar Pancasila dalam pembelajaran IPAS di SDN Betokan 2 Demak.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data
melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Setting penelitian
dilakukan di SDN Betokan 2 Demak. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV,
kepala sekolah, dan guru kelas IV.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran IPA dan teknologi
terdiri dari 3 tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada
setiap tahapan kegiatan tersebut diwujudkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila,
antara lain beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia,
berkebhinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis dan kreatif.
Hambatan yang terjadi adalah kurangnya pemahaman pendidik mengenai profil
Pelajar Pancasila, terbatasnya sarana dan prasarana sekolah, serta interaksi peserta
didik di luar sekolah. Sedangkan dukungan yang ada meliputi sosialisasi profil
pelajar Pancasila bagi pendidik, adanya pembiasaan sekolah, dan adanya kerja sama
antara guru, kepala sekolah, orangtua, serta instansi lain yang berkaitan dengan
Pendidikan.
Berdasarkan hasil penelitian, saran yang diberikan adalah kepala sekolah
diharapkan dapat selalu menjadi suri tauladan yang baik bagi guru dan warga
sekolah serta mampu mempertahankan pembiasaan- pembiasaan yang sudah ada di
SDN Betokan 2 Demak, guru sebagai teladan diharapkan dapat memberikan
contoh- contoh perilaku yang sesuai nilai Pancasila kepada peserta didik. Hal ini
agar peserta didik dapat meneladani sikap dan perilaku saat mengamatinya setiap
hari, serta pada akhirnya dapat membentuk karakter pada diri peserta didik. Peserta
didik diharapkan selalu berperilaku baik, sopan, dan tertib sesuai dengan nilai- nilai
Pancasila baik dilingkungan sekolah maupun diluar sekolah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 03:01 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 03:01 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/509 |