PUSPITASARI, GLORIA LINTANG (2024) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA NEARPOD PADA PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GODONG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
SKRIPSI GLORIA LINTANG PUSPITASARI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Problem Based
Learning berbantuan media nearpod pada pembelajaran fisika untuk meningkatkan
keterampilan berpikir kritis siswa kelas X di SMA Negeri 1 Godong. Populasi penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Godong. Desain yang digunakan yaitu
Quasi Eksperimental Design dengan metode penelitian Pretest-Posttest Control Group
Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dipilih kelas
X-6 dan X-8. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan Uji Independent Samples T-Test dan Uji N-Gain.
Berdasarkan hasil uji Independent Samples T-Test yaitu pada pretest memperoleh nilai
signifikasi 0,198 > 0,05 maka dapat dinyatakan Ho diterima sedangkan Ha ditolak.
Sedangkan untuk posttest memperoleh nilai signifikasi 0,000 < 0,05 maka dapat dinyatakan
Ha diterima sedangkan Ho ditolak. Hasil Analisa uji N-Gain pada kelas kontrol yang
diperoleh sebesar 0,43 dan kelas eksperimen uji N-Gain yang diperoleh sebesar 0,71. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa Model Problem Based Learning berbantuan media nearpod
pada pembelajaran fisika efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.
Kata Kunci : PBL, Media Nearpod, Keterampilan Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 08:04 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 08:04 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5079 |