HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN REGULASI EMOSI SISWA KELAS IX SMP 15 SEMARANG

Setyoningtyas, Endah (2024) HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN REGULASI EMOSI SISWA KELAS IX SMP 15 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI ENDAH STY FIXED - Endah Setyo.pdf] Text
SKRIPSI ENDAH STY FIXED - Endah Setyo.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Endah Setyoningtyas. NPM 20110098. “Hubungan antara efikasi diri dengan
regulasi emosi siswa kelas IX SMP 15 Semarang”. Skripsi. Program Studi
Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Semarang. Dosen Pembimbing I Dra. Tri Suyati, M.Pd. Dosen Pembimbing II
Farikha Wahyu Lestari, M.Pd.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pengendalian emosi siswa
sehingga menimbulkan beberapa masalah di SMP 15 Semarang. Seperti peserta
didik merasa masih ragu dan bimbang terhadap konsep regulasi emosi yang
dimiliki, peserta didik merasa bahwa dirinya kurang dalam hal mengelola,
mengatasi dan mengungkapkan emosi. Rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah adakah hubungan antara efikasi diri dengan regulasi emosi siswa kelas IX
SMP 15 Semarang. Dan tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada
hubungan antara efikasi diri dengan regulasi emosi siswa kelas IX SMP 15
Semarang 2024.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain expo facto analysis.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP 15 Semarang dengan jumlah
265 siswa. Kelas IX I dengan jumlah 32 siswa yang digunakan untuk tryout.
Sampel penelitian ini yaitu 4 kelas dari 8 kelas populasi dengan jumlah 131 siswa
dengan teknik cluster random sampling. Alat pengumpulan data yang
dipergunakan adalah skala penelitian berupa kuesioner.
Hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Berdasarkan hasil uji
korelasi Rank Spearman diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,603 > 0,05 maka
dapat ditarik kesimpulan bahwa ada hubungan signifikan. Dengan tingkat korelasi
yang dilhat dari nilai Correlation Coefficient 0,047 yang berarti tingkat
korelasinya sangat rendah.
Saran kepada pihak sekolah maupun peneliti selanjutnya diharapkan dengan
adanya hasil penelitian ini, data yang ada dapat digunakan sebagai informasi
untuk mempertahankan hingga meningkatkan kualitas dalam memberikan layanan
mengenai efikasi diri dan regulasi emosi siswa agar lebih membantu siswa-siswi
yang masih merasa tidak bisa mengendalikan maupun mengelola emosi diri
sendiri.
Kata kunci: Efikasi Diri, Regulasi Emosi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 01 Oct 2024 06:45
Last Modified: 01 Oct 2024 06:45
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5054

Actions (login required)

View Item
View Item