Ismawati, Eka Yulianda (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN PESERTA DIDIK PADA MATERI PENGUKURAN BESARAN FISIS DI SMA NEGERI 1 RANDUDONGKAL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Skripsi Eka Yulianda Ismawati.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Pembelajaran abad 21 adalah pembelajaran yang menuntut pengembangan media
pembelajaran yang lebih menarik dan memanfaatkan teknologi. Namun pada
kenyataannya, pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran masih belum
dimanfaatkan secara optimal. Untuk itu, penelitian ini dilatarbelakangi oleh
minimnya penggunaan teknologi dalam media pembelajaran yang digunakan di
kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran
berupa E-LKPD berbasis Problem Based Learning pada pembelajaran yang dapat
digunakan untuk meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan siswa. Model
pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah lembar validasi ahli untuk mengukur kelayakan
E-LKPD dan soal pre test post test untuk mengukur kemampuan pengambilan
keputusan siswa. Hasil validasi kelayakan E-LKPD oleh ahli materi dan ahli media
diperoleh persentase 95% dan 89,375%. Hasil pre test post test siswa diuji dengan
uji N-Gain Score dan diperoleh skor persentase 57,5355% untuk kelas eksperimen
dan 23,2229% untuk kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian secara
keseluruhan, E-LKPD layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk
meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan siswa.
Kata Kunci : E-LKPD, Problem Based Learning, Pengambilan Keputusan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 06:40 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 06:40 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5052 |