UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI METODE BERCERITA PADA POS PAUD BUAH HATIKU PUDAKPAYUNG BANYUMANIK KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024

ASTUTI, DWI (2024) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI METODE BERCERITA PADA POS PAUD BUAH HATIKU PUDAKPAYUNG BANYUMANIK KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI Dwi Astuti 21156130 -Upaya Meningkatkan Memampuan Berbicara Anak Melalui Metode Bercerita.pdf] Text
SKRIPSI Dwi Astuti 21156130 -Upaya Meningkatkan Memampuan Berbicara Anak Melalui Metode Bercerita.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

DWI ASTUTI ,NPM 21156130 “Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara
Anak Melalui Metode Bercerita Di POS PAUD Buah Hatiku Pudakpayung
Banyumanik Kota Semarang” Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan
Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendididkan Universitas PGRI Semarang. Dosen
Pembimbing I Ibu Dr. Muniroh Munawar, S.Pi,.M.Pd,. Dosen Pembimbing II Ibu
Dwi Prasetiyawati D.H, S.Pd, M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kemampuan siswa
dalam berbicara masih rendah , Hal ini tampak pada anak anak yang susah atau
tidak mau menjawab pertanyaan, tidak mau bercerita atau menceritakan
pengalaman yang pernah dialaminya, serta jika diajak berbicara anak-anak
cenderung malu dan hanya diam. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan
alterntif metode pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kemampuan
berbicara anak melaui metode bercerita terutama di POS PAUD Buah Hatiku
Pudakpayung Banyumanik Kota Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan pengumpulan data
berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini
sebanyak 20 siswa usia di POS PAUD Buah Hatiku Pudakpayung Banyumanik
Kota Semarang Tahun Pelajaran 2023/2024. Dari hasil akhir dengan
menggunakan teknik dua siklus diperoleh hasil peningkatan kemampuan bicara
siswa pada siklus I siswa yang sudah muncul mencapai presentase 15 % yaitu 3
siswa yang sudah muncul siklus II naik mencapai 80 % yaitu 16 siswa. Upaya
meningkatkan kemampuan berbicara anak dengan metode bercerita mengalami
peningkatan yang signifikan. Indikator pencapaian kerja tercapai dengan optimal.
Kesimpulannya bahwa metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan bicara
anak di POS PAUD Buah Hatiku Pudakpayung Banyumanik Kota Semarang.
Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat disampaikan adalah supaya
metode bercerita dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam
mengajar agar kemampuan berbicara anak di POS PAUD Buah Hatiku
Pudakpayung Banyumanik Kota Semarang dapat ditingkatkan menjadi lebih
optimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 01 Oct 2024 06:31
Last Modified: 01 Oct 2024 06:31
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5048

Actions (login required)

View Item
View Item