HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PERENCANAAN KARIR PESERTA DIDIK KELAS XI SMK NEGERI 5 SEMARANG

WIDIANITA, BERLIANA MEIKY (2024) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PERENCANAAN KARIR PESERTA DIDIK KELAS XI SMK NEGERI 5 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_Berliana Meiky W 20110076 - Berliana Meiky.pdf] Text
SKRIPSI_Berliana Meiky W 20110076 - Berliana Meiky.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

BERLIANA MEIKY WIDIANITA. NPM 20110076. “Hubungan antara konsep
diri dengan perencanaan karir peserta didik kelas XI SMK N 5 Semarang”.
Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2024. Pembimbing I
Dra. Tri Suyati, M.Pd. Pembimbing II Dr. Padmi Dhyah Yulianti S.Psi. M.Psi.
Psikolog.
Latar belakang yang mendorong adanya penelitian ini adalah masih ditemukan
data mengenai konsep diri pada peserta didik yang mempengaruhi perencanaan
karir di sekolah. Selain itu, adanya data dari peserta didik yang menyatakan
bahwa belum mengetahui pemahaman tentang potensi diri yang dapat mendukung
karirnya di masa depan, Peserta didik masih kebingungan terhadap konsep diri.
Tidak bisa memanfaatkan bakat atau potensi yang dimilikinya dan sehingga
mereka memandang konsep diri negatif. Rumusan masalah dari latar belakang
tersebut adalah mencari tahu apakah ada hubungan antara konsep diri dengan
perencanaan karir, karena tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
hubungan dari kedua variabel tersebut. Konsep diri merupakan gagasan tentang
diri sendiri yang mencakup keyakinan, pandangan dan penilaian seseorang
terhadap dirinya. Lalu untuk perencanaan karir merupakan proses pencapaian
tujuan karir individu, yang ditandai dengan adanya tujuan yang jelas sesuai
dengan apa yang dicita-citakan.
Jenis penelitian ini adalah korelasional dengan metode penelitian kuantitatif.
Dengan Populasi yang digunakan sebanyak 273 peserta didik kelas XI SMK N 5
Semarang. Sampel yang diambil adalah 238 peserta didik yang berarti semua
peserta didik yang ada pada populasi yang tidak digunakan untuk try out tersebut
dengan menggunakan teknik sampel jenuh sehingga semua kelas digunakan
sebagai sampel.
Berdasarkan uji korelasi pearson product moment, diperoleh pearson
correlation sebesar 0,468, Hasil Uji Korelasi product moment diperoleh nilai r
hitung sebesar 0,468 kemudian hasil tersebut dicek melalui uji korelasi, jika r
hitung > r tabel pada taraf signifikansi 5% maka hipotesis diterima. N = 238
diketahui nilai r tabel = 0,138 Jadi 0,468 > 0,138 maka dengan demikian hipotesis
penelitian diterima. Hal ini berarti Ada hubungan positif yang signifikan antara
konsep diri dengan Perencanaan Karir. Ha diterima karena signifikansi 0,000
<0,05 maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada hubungan signifikan dan positif
antar konsep diri dengan perencanaan karir peserta didik kelas XI SMK N 5
Semarang.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah harus
adanya kerjasama antara sekolah dan guru bk untuk dapat memperhatikan
mengenai konsep diri yang ada pada peserta didik sehingga perencanaan karir
pada peserta didik tersebut agar lebih baik untuk masa depannya. Selain itu,
peneliti selanjutnya dapat meneliti dan menemukan faktor lain yang belum dapat
diungkap dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Konsep diri, Perencanaan karir

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 01 Oct 2024 03:38
Last Modified: 01 Oct 2024 03:38
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5028

Actions (login required)

View Item
View Item