Fitriana, Annica Nur (2024) SISTEM INFORMASI PEMBELAJARAN SEKOLAH (SIPS) DI SMP SATAP NEGERI KLETEK KABUPATEN PATI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
SKRIPSI_ANNICA_AFTER.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan di SMP
Satap Negeri Kletek Kabupaten Pati diantaranya kegiatan belajar mengajar
yang masih bersifat konvensional, terkendalanya kegiatan presensi siswa dan
rekapitulasi data presensi akibat data kehadiran yang rentan hilang. Maka
dibuatlah Sistem Informasi Pembelajaran Sekolah di SMP Satap Negeri
Kletek Kabupaten Pati guna mempermudah siswa dan guru dalam hal
pengumpulan tugas, penyampaian materi, perizinan siswa, penginputan
presensi, dan rekapitulasi data presensi. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini merupakan metode waterfall yang terdiri dari tahapan
requirement
analysis
and
definition, system
and
software
design, implementation and unit testing, integration and system testing,
dan operation and maintenance. Desain sistem meliputi pembuatan flowchart,
use case diagram, activity diagram, sequence diagram, dan class diagram.
Kemudian diimplementasikan dengan bahasa pemrograman PHP serta
menggunakan database MySQL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penilaian validasi ahli dengan menggunakan skala Likert didapatkan hasil
rata-rata persentase oleh dua validator ahli media sebesar 74% dinyatakan
Layak digunakan, dan dua validator ahli konten sebesar 93% dinyatakan
Sangat Layak digunakan. Kemudian hasil penilaian dari responden yaitu 10
guru dan 30 siswa dengan menggunakan skala Likert diperoleh hasil 86%
sehingga dinyatakan Sangat Layak untuk digunakan.
Kata Kunci : Pembelajaran, Sistem Informasi, Waterfall.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Teknologi Informasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 02:53 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 02:53 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5016 |