PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK THINK PAIR AND SHARE TERHADAP PEMAHAMAN PENDIDIKAN SEKSUALITAS PADA REMAJA DI SMA LAB SCHOOL UPGRIS

SYAHRI, ALIM (2024) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK THINK PAIR AND SHARE TERHADAP PEMAHAMAN PENDIDIKAN SEKSUALITAS PADA REMAJA DI SMA LAB SCHOOL UPGRIS. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_ALIM SYAHRI_NPM 20110105 (2).pdf] Text
SKRIPSI_ALIM SYAHRI_NPM 20110105 (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Alim Syahri. NPM 20110105. “: Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik
Think Pair and Share Terhadap Pemahaman Pendidikan Seksualitas Pada Remaja
Di SMA Lab School UPGRIS” Skripsi. Program Studi Bimbingan Dan Konseling
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang 2024. Dosen Pembimbing I
: Dr. Dini Rakhmawati, S.Pd., M.Pd Pembimbing II : Desi Maulia, S.Psi., M.Psi
Psikolog
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya kasus kekerasn yang terjadi
di Indonesia. Catahu 2023 mencatat pengaduan meningkat menjadi 4371 dari 4322
kasus yang artinya Komnas Perempuan mendapatkan pengaduan sebanyak 17
pengaduan/ hari. Jumlah pengaduan ini meningkat dari tahun 2020, dimana rata –
rata kasus yang masuk ke Komnas Perempuan per hari sebanyak sembilan kasus.
Selain tindak kekerasan seksualitas. Salah satu alasan kekerasan bisa terjadi karena
rendahnhya pemahaman Rendahnya pemahaman tentang seksualitas pada remaja
menyebabkan mereka tidak mengetahui batasan yang seharusnya dijaga. Salah satu
penyebab minimnya pendidikan seksualitas di Indonesia adalah pandangan bahwa
topik ini masih dianggap tabu oleh sebagian orang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk design true
experimental dengan desain pretest-posttest control group design. Dengan populasi
yang digunakan adalah remaja kelas XI SMA Lab School UPGRIS Semarang yang
terdiri dari 2 kelas dari kelas XI Bali, XI Cirebon sehingga jumlah populasi dalam
penelitian ini berjumlah 56 peserta didik
Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman pendidikan seksualitas
peserta didik sebelum dan sesudah diberi perlakuan menggunakan bimbingan
kelompok dengan teknik Think pair and Share mengalami peningkatan sebesar
7,27. Selain itu diperoleh data melalui uji T-Test dengan taraf signifikan 5%,
didapatkan nilai sig < 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi
kesimpulannya adalah ada pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik think pair
and share terhadap pemahaman pendidikan seksualitas peserta didik kelas XI SMA
Lab School Upgris.
Kata kunci: Bimbingan Kelompok, Pemahaman Pendidikan Seksualitas,
Think Pair and Share

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 01 Oct 2024 02:34
Last Modified: 01 Oct 2024 02:34
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5008

Actions (login required)

View Item
View Item