AKHIRA, DILA DIMI (2024) PENGARUH TANGGUNG JAWAB DAN SELF-CONTROL TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMP NEGERI 1 LIMBANGAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
SKRIPSI FULL DILA DIMI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Dila Dimi Akhira. NPM 20110130. “Pengaruh Tanggung Jawab dan Self-Control
Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa SMP Negeri 1 Limbangan”. Skripsi.
Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas
PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Dra. Tri Suyati, M.Pd. Dosen Pembimbing
II Farikha Wahyu Lestari, M.Pd. Juni 2024.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah besarnya jumlah siswa
yang sering menunda pekerjaan rumah, tidak berangkat sekolah karena
menghindari tugas, bahkan siswa tidak jarang untuk membiarkan tugas tersebut
dan tidak mengerjakannya. Perilaku-perilaku tersebut adalah prokrastinasi
akademik yang terjadi di SMP Negeri 1 Limbangan.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana tanggung jawab siswa? 2)
Bagaimana self-control siswa? 3) Bagaimana prokrastinasi akademik siswa kelas?
4) Apakah ada pengaruh antara tanggung jawab dan self-control terhadap
prokrastinasi akademik pada siswa?. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui tingkat tanggung jawab, self-control, dan prokrastinasi akademik
siswa, serta menguji pengaruh tanggung jawab dan self-control terhadap
prokrastinasi akademik pada siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain multiple
regression analysis. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1
Limbangan dengan jumlah 161 siswa. Kelas VIII C dengan jumlah 32 siswa yang
digunakan untuk tryout. Sampel penelitian ini yaitu 20% dari populasi dengan
jumlah 32 siswa dengan teknik cluster random sampling. Alat pengumpulan data
yang dipergunakan adalah skala penelitian berupa kuesioner.
Hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: hipotesis pertama
diperoleh koefisien sebesar -0,828 dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,005 yang
artinya bahwa terdapat pengaruh negatif yang signifikan antara tanggung jawab
dan prokrastinasi akademik pada siswa, semakin tinggi tanggung jawab siswa
maka semakin rendah prokrastinasi akademik. Hipotesis kedua dengan
perhitungan uji t (parsial) diperoleh nilai koefisien sebesar -1.164 dengan nilai
signifikansi 0,001 < 0,005 yang artinya bahwa terdapat pengaruh negatif yang
signifikan antara self-control dan prokrastinasi akademik pada siswa, semakin
tinggi self-control siswa maka semakin rendah prokrastinasi akademik. Hipotesis
ketiga diperoleh F hitung hasil regresi sebesar 8,736 dengan nilai signifikansi
0,001 < 0,005 yang artinya bahwa terdapat pengaruh tanggung jawab dan self-
control terhadap prokrastinasi akademik siswa dengan nilai R sebesar 0,613. Pada
hipotesis nol menunjukkan hasil bahwa F hitung hasil regresi sebesar 8,736
dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,005 yang artinya apabila α < 0,05 maka Ho
ditolak dan Ha diterima, dengan demikian dapat dikatakan bahwa tanggung jawab
dan self-control secara simultan berpengaruh terhadap prokrastinasi akademik
siswa.
Saran bagi guru bimbingan dan konseling diharapkan dapat memberikan
treatment/pendampingan kepada siswa guna meningkatkan tanggung jawab dan
self-control untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik dengan
memberikan layanan-layanan BK kepada siswa sesuai dengan kebutuhannya.
Kata kunci: Tanggung Jawab, Self-Control, Prokrastinasi Akademik
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 30 Sep 2024 04:27 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 04:27 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4986 |