GAMBARAN INTERAKSI SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 SEMARANG

ZAHRO, FATIMATUZ (2024) GAMBARAN INTERAKSI SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI FATIMATUZ ZAHRO NPM 17110138 - ares hitam.pdf] Text
SKRIPSI FATIMATUZ ZAHRO NPM 17110138 - ares hitam.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Fatimatuz Zahro. NPM 17110138 “Gambaran Interaksi Sosial Pada
Peserta Didik Kelas X SMK Muhmmadiyah 1 Semarang”. Sripsi Program
Studi Bibingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Semarang. Pembimbing I Farikha Wahyu Lestari, S.Pd., M.Pd, pembimbig II
Agus Setiawan, S.Pd., M.Pd. Agustus 2024
Tujuan dari penelitian ini yang ingin dicapai peneliti yaitu untuk
mengetahui
gambaran
interaksi
sosial
peserta
didik
Kelas
X
SMK
Muhammadiyah 1 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif
kuantitatif yang dilaksanakan pada bulan agustus di SMK Muhammadiyah 1
Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas x SMK
Muhammadiyah 1 Semarang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 51 orang.
Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan purposive sampling.
Instrument yang digunakan adalah skala likert. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah wawancara dan hasil dari AKPD guru bimbingan konseling di
SMK Muhammadiyah 1 Semarang. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis
deskriptif. Hasil penelitian ini perhitungan presentase interaksi sosial siswa kelas
X SMK Muhammadiyah 1 Semarang sebagian besar memiliki tingkat komunikasi
yang cukup baik.
Saran bagi guru BK/konselor berhubung interaksi sosial ini merupakan
sesuatu yang memiliki pengaruh besar dalam keberhasilan hasil belajar dan
sosialisasi siswa di lingkungan sekolah maupun diluar sekolah, hendaknya selalu
diperhatikan atau diamati tingkat interaksi sosial siswa dengan memberikan
layanan-layanan atau kegiatan yang mampu meningkatkan interaksi sosial siswa
supaya lebih bisa dioptimalkan, sehingga hasil dari proses belajar ataupun
sosialisasi siswa dengan lingkungan sekitar dapat di maksimalkan dan
meminimalisir terjadinya kendala-kendala yang mengakibatkan terganggunya
hasil belajar siswa dan proses bersosialisasinya dengan lingkungan sekitar
Kata Kunci : Interaksi Sosial

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 30 Sep 2024 04:10
Last Modified: 30 Sep 2024 04:10
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4982

Actions (login required)

View Item
View Item