HUBUNGAN CARDIORESPIRATORY AKTIVITAS FISIK TERHADAP PHYSICAL LITERACY (LITERASI FISIK) PADA ANAK SMP DAN SMA DI KOTA SEMARANG

Wicaksana, Bagas Arya (2024) HUBUNGAN CARDIORESPIRATORY AKTIVITAS FISIK TERHADAP PHYSICAL LITERACY (LITERASI FISIK) PADA ANAK SMP DAN SMA DI KOTA SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI BAGAS ARYA WICAKSANA_20230134_PJKR.pdf] Text
SKRIPSI BAGAS ARYA WICAKSANA_20230134_PJKR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Bagas Arya Wicaksana “Hubungan Cardiorespiratory Aktivitas Fisik Terhadap
Physical Literacy Pada Anak SMP Dan SMA di Kota Semarang”. Fakultas
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI
Semarang, 2024.
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa seiring perkembangan IPTEK yang
semakin canggih membuat hidup semakin mudah sehingga membuat pola hidup
pasif meningkat. Faktor yang terdekat untuk mempengaruhi kebugaran jasmani
adalah olahraga. Olahraga dianggap sebagai konteks ideal untuk pengembangan
keterampilan hidup yang melibatkan aspek motiviasi, kognitif, fisik, dan
kepercayaan diri yangmana termasuk cakupan dari physical literacy. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan cardiorespiratory aktivias fisik
terhadap physical literacy (literasi fisik) pada anak SMP dan SMA di Kota
Semarang.
Metode penelitian dengan pendekatan deskriptif kuantitatif, dengan
pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling
sebanyak 7 SMP dan 4 SMA di Kota Semarang. Teknik pengumpulan data
menggunakan metode tes untuk cardiorespiratory dan angket/kuesioner untuk
aktivitas fisik dan physical literacy. Teknik analisis menggunakan analisis korelasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan yang signifikan antara
cardiorespiratory, akivias fisik dengan physical literacy pada anak SMP dan SMA
di Kota Semarang, dengan r-hitung sebesar 0,521 dengan Sig. sebesar 0,000 < 0,05
dan menghasilkan hubungan sebesar 27,2%.
Hal tersebut menunjukan bahwa untuk meningkatkan kebugaran jasmani
peserta didik perulu melakukan aktivitas fisik di luar pembelajaran atau dalam
kehidupan sehari-hari. Untuk itu, dapat disarankan berupa kegiatan serupa dapat
diterapkan oleh guru untuk mengevaluasi tingkat kebugaran jasmani dalam
meningkatkan kualitas pembelajaran.
Kata Kunci : cardiorespiratory, aktivitas fisik, physical literacy

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 30 Sep 2024 03:04
Last Modified: 30 Sep 2024 03:04
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4967

Actions (login required)

View Item
View Item