EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK TALKING STICK TERHADAP MANAJEMEN WAKTU SISWA KELAS VIII SMP TEUKU UMAR SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024

WILLIADANA, SABRINA (2024) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK TALKING STICK TERHADAP MANAJEMEN WAKTU SISWA KELAS VIII SMP TEUKU UMAR SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SKripsi-SABRINA WILLIADANA-20110092.pdf] Text
SKripsi-SABRINA WILLIADANA-20110092.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

SABRINA WILLIADANA. NPM. 20110092. “Efektivitas Layanan
Bimbingan Kelompok Teknik Talking Stick Terhadap Manajemen Waktu
Siswa Kelas VIII SMP Teuku Umar Semarang Tahun Ajaran 2023/2024”.
Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Dr. Heri Saptadi Ismanto,
S.Pd., M.Pd., Kons. Dosen Pembimbing II Dr. G. Rohastono Ajie, M.Pd. 2024.
Penelitian Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Talking
Stick Terhadap Manajemen Waktu Siswa Kelas VIII SMP Teuku Umar Semarang
Tahun Ajaran 2023/2024 ini dilatar belakangi masih terdapat siswa yang memiliki
permasalahan dalam bidang waktu terlebih dalam manajemen waktu. AKPD kelas
VIII SMP Teuku Umar Semarang menunjukkan masih banyak siswa belum
memiliki pemahaman mengenai cara mengatur waktu antara bermain dan belajar,
siswa belajar saat akan ulangan saja, serta siswa mengumpulkan tugas tidak tepat
waktu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah layanan
bimbingan kelompok teknik talking stick efektif untuk meningkatkan manajemen
waktu siswa. Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode
penelitian true eksperimental design. Populasi penelitian ini berjumlah 104 siswa.
Kelas VIII-1 digunakan try out sebanyak 22 siswa. Sampel yang terpilih dalam
penelitian ini yaitu kelas VIII-3 yang diambil menggunakan teknik sampling
cluster random sampling yang diambil sebanyak 25% dari jumlah populasi.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) 0,012 < 0,05.
Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara variabel
awal (pre-test) dengan variabel akhir (post-test) sehingga Ha diterima dan Ho
ditolak. Hipotesis “Ada pengaruh antara layanan bimbingan kelompok terhadap
manajemen waktu siswa kelas VIII SMP Teuku Umar Semarang Tahun
Pembelajaran 2023/2024” diterima kebenarannya.
Kata Kunci : bimbingan kelompok teknik talking stick, manajemen waktu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 27 Sep 2024 08:10
Last Modified: 27 Sep 2024 08:10
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4951

Actions (login required)

View Item
View Item