ANALISIS PELAKSANAAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MUATAN DIMENSI KREATIF PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SDN KEDUNGSATRIYAN

MUNIROH, SITI NUR BADROTUN (2024) ANALISIS PELAKSANAAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MUATAN DIMENSI KREATIF PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SDN KEDUNGSATRIYAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SITI NUR BADROTUN M.pdf] Text
SITI NUR BADROTUN M.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

SITI NUR BADROTUN MUNIROH. NPM 20120370. “Analisis Pelaksanaan
Profil Pelajar Pancasila Muatan Dimensi Kreatif Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV
SDN Kedungsatriyan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI
Semarang. 2024. Dosen Pembimbing I Dr. Siti Patonah, S.Pd., M.Pd. dan Dosen
Pembimbing II Filia Prima Artharina, S.Pd., M.Pd.
Konteks penelitian yang mendorong penelitian ini adalah pelaksanaan profil
pelajar pancasila, dan pentingnya kreativitas bagi peserta didik. Fokus dalam
penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan profil pelajar pancasila muatan
dimensi kreatif pada pembelajaran IPAS kelas IV SDN Kedungsatriyan?. Tujuan
yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pelaksanaan
profil pelajar pancasila muatan dimensi kreatif pada pembelajaran IPAS kelas IV
SDN Kedungsatriyan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data
dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Data dianalisis
dengan mendeskripsikan pelaksanaan dimensi kreatif profil pelajar pancasila pada
pembelajaran IPAS yang penulis peroleh melalui kegiatan observasi pembelajaran
di kelas, wawancara dengan guru kelas dan peserta didik kelas IV, pemberian
angket kepada peserta didik kelas IV, serta dokumentasi. Subjek penelitian ini
adalah guru kelas dan peserta didik kelas IV. Lokasi penelitian dilakukan di SDN
Kedungsatriyan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan profil pelajar pancasila
muatan dimensi kreatif pada pembelajaran IPAS kelas IV SDN Kedungsatriyan
terlaksana dengan baik. Pelaksanaan profil pelajar pancasila tercermin ketika proses
pembelajaran berlangsung. Peserta didik mampu untuk mengungkapkan gagasan
yang dimilikinya. Mampu menghasilkan suatu karya baru atau memodifikasi
karya. Selain itu, peserta didik mampu mencari solusi alternatif untuk
menyelesaikan permasalahan yang ada.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah sekolah
dapat memonitoring dan mengevaluasi pelaksanaan profil pelajar pancasila di
sekolah. Mendorong dan memotivasi guru untuk meningkatkan pengetahuannya
tentang profil pelajar pancasila. Guru sebagai teladan dapat meningkatkan
pengetahuannya tentang muatan dimensi profil pelajar pancasila yang lain. Dapat
memberikan contoh perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai profil pelajar pancasila.
Peserta didik diharapkan dapat berperilaku baik sesuai dengan nilai-nilai luhur
dimensi profil pelajar pancasila baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 27 Sep 2024 06:46
Last Modified: 27 Sep 2024 06:46
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4915

Actions (login required)

View Item
View Item