ANALISIS PERAN GURU DALAM MENGATASI BULLYING PADA PESERTA DIDIK KELAS 2 SD NEGERI SUNGGINGWARNO 01 KABUPATEN PATI

PRATAMA, BAYU RIPTO (2023) ANALISIS PERAN GURU DALAM MENGATASI BULLYING PADA PESERTA DIDIK KELAS 2 SD NEGERI SUNGGINGWARNO 01 KABUPATEN PATI. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of BAYU RIPTO PRATAMA 17120200.pdf] Text
BAYU RIPTO PRATAMA 17120200.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

BAYU RIPTO PRATAMA. NPM 17120200 “Analisis Peran Guru Dalam
Mengatasi Bullying Pada Peserta Didik Kelas 2 SD Negeri Sunggingwarno 01
Kabupaten Pati”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Dr. Fine
Reffiane, S.Pd.,M.Pd., Pembimbing II. Drs. Kiswoyo, MM.. Agustus 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah di sekolah dasar masih
banyak siswa yang menunjukkan tindakan bullying terhadap temannya, sehingga
dibutuhkan edukasi atau informasi bahaya perilaku bullying. Berdasarkan fokus
masalah, tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu: 1) untuk
mengetahui bentuk perilaku bullying pada peserta didik kelas 2 SD Negeri
Sunggingwarno 01 Kabupaten Pati. 2) untuk mengetahui peran guru dalam
mengatasi perilaku bullying pada peserta didik kelas 2 SD Negeri Sunggingwarno
01 Kabupaten Pati.
Penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus ini digunakan untuk
memberikan wawasan tentang kondisi dan realitas dunia nyata, khususnya strategi
yang digunakan guru untuk dalam mengatasi perilaku bullying di SD Negeri
sunggingwarno 01 Kabupaten Pati. Dalam hal ini, pertama, peneliti akan
melakukan wawancara dengan guru -guru sebagai informan, karena guru
merupakan pembina, serta menciptakan konteks sosial yang medukung dan
menyeluruh yang tidak mentolerir perilaku agresif dan kekerasan di sekolah yang
dilakukan oleh siswa.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat diambil kesimpulan
dari penelitian ini bahwa: Jenis-jenis atau bentuk bullying yang terjadi di SD
Negeri Sunggingwarno 01 terbagi dalam tiga bentuk yaitu bullying verbal:
mengejek, memberi panggilan julukan, memanggil nama temannya dengan
panggilan nama orang tuanya. bullying fisik: menendang, mendorong, memukul,
merusak benda-benda milik orang lain. bullying psikis: Mempermalukan Peran
guru dalam mencegahan bullying yang dilakukan di SD Negeri Sunggingwarno 01
yaitu memberikan nasehat-nasehat kepada siswa baik secara individual maupun
klasikal, membangun kesadaran dan pemahaman tentang bullying dan dampaknya
kepada semua pihak terutama siswa, bekerjasama dengan orang tua, mengisi
waktu luang dengan hal yang positif, bekerjasama dengan guru-guru mata
pelajaran guna melakukan pengawasannya..
Kata Kunci : Analisis, Peran Guru, Perundungan/bullying

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 08 Jan 2024 02:24
Last Modified: 08 Jan 2024 02:24
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/491

Actions (login required)

View Item
View Item