UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENENDANG BOLA MENGGUNAKAN PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SDN 1 SUKOREJO KECAMATAN TEGOWANU KABUPATEN GROBOGAN

Pambudi, Ginanjar Langgeng (2024) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENENDANG BOLA MENGGUNAKAN PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SDN 1 SUKOREJO KECAMATAN TEGOWANU KABUPATEN GROBOGAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_Ginanjar Langgeng Pambudi.pdf] Text
SKRIPSI_Ginanjar Langgeng Pambudi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

GINANJAR LANGGENG PAMBUDI “ UPAYA MENINGKATKAN
KEMAMPUAN
MENENDANG
BOLA
DALAM
MENGGUNAKAN
PENDEKATANBERMAIN PADA SISWA KELAS V SDN 1SUKOREJO
TAHUN PELAJARAN 2023/2024” Program Studi Pendidikan jasmani,
Kesehatan, dan Rekreasi Universitas PGRI Semarang 2024.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menendang
bola dalam pembelajaran sepak bola melalui metode bermain pada siswa kelas V
semester 2 di SD Negeri 1 Sukorejo tahun pelajaran 2023/ 2024. Jenis penelitian
yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2
siklus yang terdiri dari 2 pertemuan dengan 4 tahapan setiap siklus yaitu
perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai subyek
penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Sukorejo yang berjumlah 20 siswa
dengan siswa laki-laki 5 siswa dan siswa perempuan 15 siswa. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi.
Observasi meliputi tindak mengajar guru dan tindak belajar siswa selama
pelaksanaan siklus. Tes yang digunakan adalah tes secara individu maupun secara
kelompok yang dilaksanakan pada unjuk kerja setiap siklusnya. Teknik analisis
data yang digunakan adalah analisis model Interaktif Milles dan Huberman. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan menendang bola
dalam pembelajaran sepak bola melalui metode bermain pada siswa kelas V
semester 2 di SD Negeri 1 Sukorejo tahun pelajaran 2023/2024 yang dapat dilihat
dari peningkatan indikator-indikator kemampuan menendang bola dalam
pembelajaran sepak bola yang mencakup: 1) menendang dengan kaki bagian
dalam sebelum tindakan 30,00%, siklus I 55,00%, siklus II 85,00%. 2) menendang
dengan kaki bagian luar sebelum tindakan 20,00%, siklus I 50,00%, siklus II
80,00%. 3) menendang dengan punggung kaki sebelum tindakan 25,00%, siklus I
50,00%, siklus II 80,00%. 4) menendang dengan punggung bagian dalam kaki
sebelum tindakan 20,00%, siklus I 45,00%, siklus II 75,00%. Kemampuan
menendang bola dalam pembelajaran sepak bola pada siswa kelas V meningkat
dengan penerapan metode pembelajaran bermain dan telah memenuhi indikator
keberhasilan yaitu sebesar 75%. Dan hasil belajar siswa juga juga mencapai
mencapai KKM ≥ 75.
Kata kunci: kemampuan menendang bola, pembelajaran sepak bola,
pendekatan bermain

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 27 Sep 2024 04:16
Last Modified: 27 Sep 2024 04:16
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4903

Actions (login required)

View Item
View Item