Oktaviani, Joko Iryawan (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENAM LANTAI KONSEP PUTAR MELALUI PERMAINAN DAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI JERUKGILIN SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
JOKO IRYAWAN OKTAVIANI 21236040.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Joko Iryawan Oktaviani, NPM 21236040. “Upaya Meningkatkan Hasil
Belajar Senam Lantai Konsep Putar Melalui Permainan dan Penggunaan Media
Gambar Pada Siswa Kelas V SD Negeri Jerukgiling Semester 2 Tahun Pelajaran
2022/2023”. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan.
Universitas PGRI Semarang, 2023. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan
meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga
dan kesehatan materi senam lantai pada siswa Kelas V SD Negeri Jerukgiling
Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan
Kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas V SD
Negeri Jerukgiling Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 18 siswa
terdiri dari 9 siswa siswa putra dan 9 siswa putri, seorang guru kelas, dan seorang
observer.
Penggunaan media gambar akan lebih mudah diterima oleh siswa yang
disesuaikan dengan masa anak-anak. Dengan menggunakan media gambar pada
pembelajaran senam lantai khususnya konsep dasar putar diharapkan siswa kelas V
SD Negeri Jerukgiling akan lebih tertarik dan dapat melakukan dengan baik dan
benar, serta dapat mengetahui, memahami dan mempraktikan sesuai dengan gambar
yang ditampilkan
Hasil tes kemampuan awal menunjukkan bahwa dari 18 siswa kelas V hanya
11 siswa yang sudah dapat dinyatakan tuntas dalam belajar dengan mendapatkan
nilai ≥70, sedangkan 7 siswa dinyatakan belum tuntas belajar dengan nilai ≤70
dengan nilai rata-rata 70. Dari hasil tersebut berarti belum sesuai dengan target yang
ditetapkan oleh peneliti dengan ketuntasan belajar adalah 85%. Hasil tes siklus I
menunjukkan bahwa dari 18 siswa kelas V hanya 14 siswa yang sudah dapat
dinyatakan tuntas dalam belajar dengan mendapatkan nilai ≥70, sedangkan 3 siswa
dinyatakan belum tuntas belajar dengan nilai ≤70 dengan nilai rata-rata 75 dengan
ketuntasan individu sebesar 78%. Dari hasil tersebut berarti belum sesuai dengan
target yang ditetapkan oleh peneliti dengan ketuntasan belajar adalah 85%. Maka
penelitian dilanjutkan ke Siklus II. Hasil tes siklus II menunjukkan bahwa 16 siswa
dari 18 siswa kelas V dinyatakan tuntas dalam belajar dengan mendapatkan nilai ≥75,
sedangkan 2 siswa dinyatakan belum tuntas belajar dengan nilai ≤75 dengan nilai
rata-rata 80 dengan ketuntasan individu sebesar 89%. Dari hasil tersebut berarti
sudah sesuai dengan target yang ditetapkan oleh peneliti dengan minimal ketuntasan
belajar adalah 85%
Saran (1) Guru Sekolah Dasar, hendaknya lebih memiliki komitmen yang
tinggi dalam menjalankan tugasnya dengan melaksanakan tugas pokok secara
profesional, mengkaji, dan menerapkan berbagai inovasi pembelajaran secara variatif
sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar Matematika, (2) Kepala Sekolah
Dasar, kepala Sekolah Dasar dan Pengawas Sekolah, hendaknya lebih
mengintensifkan perannya sebagai supervisor agar guru sekolah dasar memiliki
motivasi dalam menerapkan model-model pembelajaran yang bermakna.
Kata-kata kunci: hasil belajar, PJOK, permainan, senam lantai, konsep putar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 02:24 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 02:24 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/490 |