UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN LARI JARAK PENDEK MELALUI PERMAINAN HIJAU HITAM PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BULU KECAMATAN BULU KABUPATEN REMBANG

RISTYANA, EKA (2024) UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN LARI JARAK PENDEK MELALUI PERMAINAN HIJAU HITAM PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BULU KECAMATAN BULU KABUPATEN REMBANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_EKA_RISTYANA_22236004.pdf] Text
SKRIPSI_EKA_RISTYANA_22236004.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Eka Ristyana “Upaya peningkatan pembelajaran lari jarak pendek melalui permainan
hijau hitam pada siswa kelas V SD Negeri Bulu Kecamatan Bulu Kabupaten
Rembang”, Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI
Semarang, 2024.
Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar lari jarak
pendek siswa kelas V Semester 2 SD Negeri Bulu. Kondisi ini ditandai dengan
rendahnya minat dan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran lari jarak
pendek, yang berdampak pada ke tidak tercapai nya Kriteria Ketuntasan Minimal
(KKM). Hal ini mengindikasikan adanya kebutuhan akan inovasi dalam metode
pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran lari jarak pendek.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya peningkatan
pembelajaran lari jarak pendek melalui permainan hijau hitam pada siswa kelas V
SD Negeri Bulu Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil
belajar lari jarak pendek siswa kelas V SD Negeri Bulu melalui penerapan permainan
hijau hitam.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Semester 2 SD Negeri Bulu, Kecamatan
Bulu, Kabupaten Rembang yang berjumlah 15 siswa, 10 siswa laki-laki dan 5 siswa
perempuan dengan menggunakan instrumen rubrik penilaian. Penelitian ini
dilakukan dalam dua siklus. Pada setiap siklus, dilakukan perencanaan, tindakan,
pengamatan, dan refleksi. Permainan hijau hitam diterapkan sebagai strategi
pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan lari jarak pendek siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan permainan hijau hitam
dalam pembelajaran lari jarak pendek memberikan dampak terhadap peningkatan
hasil belajar siswa. Terdapat peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa dari
kondisi awal 40%, siklus I 53,3%, dan siklus II 86,7%, yang menunjukkan bahwa
permainan hijau hitam efektif dalam meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa
terhadap materi pembelajaran.
Simpulan dalam penelitian ini adalah terdapat peningkatan hasil
pembelajaran lari jarak pendek dengan permainan hijau hitam. Saran dari simpulan
di atas adalah dalam memberikan pembelajaran para siswa khususnya pada materi lari
jarak pendek dapat menggunakan permainan hijau hitam sebagai pilihan alternatif
untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Lari jarak pendek, permainan hijau hitam, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 27 Sep 2024 03:58
Last Modified: 27 Sep 2024 03:58
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4897

Actions (login required)

View Item
View Item