KEMAMPUAN MULTI REPRESENTASI SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BERBASIS SOAL HOTS

Permadani, Shinta Nuriyah (2024) KEMAMPUAN MULTI REPRESENTASI SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BERBASIS SOAL HOTS. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Shinta Nuriyah Permadani.pdf] Text
Shinta Nuriyah Permadani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Kemampuan multi representasi merupakan kemampuan yang penting dalam
matematika, karena membantu siswa dalam memahami konsep dari berbagai sudut
pandang dan membantu menyelesainkan pemecahan masalah yang kompleks dalam
berbagai bentuk representasi, seperti visual, simbol, dan verbal. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui representasi apa saja yang digunakan siswa dengan
tingkat kemampuan multi representasi tinggi, sedang, rendah dalam memecahkan
masalah matematika berbasis soal HOTS. Jenis penelitian ini adalah penelitian
deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII G SMP Negeri
1 Karangawen. Pengambilan data pada penelitian ini yaitu dengan tes kemampuan
multi representasi, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa
subjek dengan tingkat kemapuan multi representasi tinggi dalam mengaplikasikan
tiga representasi dengan maksimal. Subjek dengan tingkat kemampuan multi
representasi sedang juga dapat mengaplikasikan tiga representasi tetapi kurang
maksimal. Sedangkan subjek dengan tingkat kemapuan multi representasi rendah
hanya bisa mengaplikasikan dua representasi yaitu representasi simbolik dan
representasi verbal, tanpa menyertakan representasi visual.
Kata Kunci: kemampuan, multi represesntasi, memecahkan masalah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 27 Sep 2024 03:37
Last Modified: 27 Sep 2024 03:37
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4890

Actions (login required)

View Item
View Item