FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK DI MASA PANDEMI COVID-19 KELAS X SMA NEGERI 3 PEMALANG (PENELITIAN SURVEI)

BUDIYANTO, M. ARIF (2024) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK DI MASA PANDEMI COVID-19 KELAS X SMA NEGERI 3 PEMALANG (PENELITIAN SURVEI). Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_ARIF_.pdf] Text
SKRIPSI_ARIF_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

M. Arif Budiyanto. NPM 17110018. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi
Disiplin Belajar Peserta Didik Di Masa Pandemi Covid-19 Kelas X SMA
Negeri 3 Pemalang” Skripsi. Program studi Bimbingan dan Konseling Fakultas
Ilmu
Pendidikan
Universitas
PGRI
Semarang
2024.
Pembimbing
I
Dr.M.Th.S.R.Retnaningdyastuti, M.Pd. Pembimbing II Dr.G.Rohastono Ajie,
M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang
mempengaruhi disiplin belajar peserta didik di masa Pandemic Covid-19 kelas X
SMA Negeri 3 Pemalang. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian
survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah semua siswa
kelas X IPS SMA Negeri 3 Pemalang yang berjumlah 144 siswa yang terdiri dari
4 kelas yang juga dijadikan sebagai sampel penelitian. Instrument disiplin belajar
sebelum digunakan penelitian, dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil uji
validitas dikatakan valid karena instrument disiplin belajar didapatkan r hitung
memiliki nilai lebih besar dari r tabel. Instrument disiplin belajar juga dikatakan
reliabel karena pada uji reliabilitas dengan Cronbach’s Alpha didapatkan koefisien
alpha lebih besar dari 0,600 yaitu 0,955. Pada penelitian ini, faktor internal pada
disiplin belajar didapatkan persentase pada kategori sangat tinggi sebesar 9,26%,
persentase kategori tinggi sebesar 20,37%, kategori sedang dengan persentase
37,04%, dan kategori rendah dengan persentase sebesar 4,63%. Sedangkan pada
faktor eksternal, persentase kategori sangat tinggi didapatkan sebesar 9,26%,
persentase kategori tinggi sebesar 20,37%, persentase kategori sedang sebesar
37,96% dan persentase kategori rendah sebesar 4,63%. Berdasarkan penelitian
yang telah dilakukan tersebut, digunakan analisis deskriptif untuk mengetahui
gambaran tentang kedisiplinan belajar peserta didik yang didapatkan persentase
pada kategori sangat tinggi sebesar 6,48%, persentase kategori tinggi sebesar
25%, persentase kategori sedang sebesar 34,26%, persentase kategori rendah
sebesar 6,48%. Maka faktor yang mempengaruhi disiplin belajar peserta didik
pada masa pandemi covid-19 kelas X SMA Negeri 3 Pemalang yaitu faktor
internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi psikologis dan fisiologis
seperti minat, motivasi, konsentrasi, kesehatan jasmani, pendengaran dll. Lalu
untuk faktor eksternal meliputi lingkungan keluarga, masyarakat, dan sekolah.
Kata kunci: faktor-faktor, disiplin belajar, pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 27 Sep 2024 03:38
Last Modified: 27 Sep 2024 03:38
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4889

Actions (login required)

View Item
View Item