Yasin, Shella Noviyana (2024) PENGARUH GAYA BELAJAR DAN SELF-EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
SHELLA NOVIYANA YASIN - 17310175 - Shella Noviyana Yasin.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Matematika dikenal memiliki konsep-konsep yang umumnya bersifat
abstrak sehingga memerlukan pola pikir kritis untuk mempelajari dan
memahaminya. Kemampuan untuk memahami konsep-konsep matematika dikenal
sebagai kemampuan komunikasi matematis. Kemampuan komunikasi matematis
siswa dapat diukur berdasarkan kemampuannya dalam memahami dan menyerap
pembelajaran. Selain itu, kemampuan komunikasi matematis siswa juga dapat
ditinjau dari ranah afektif. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui adanya
pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. (2)
Mengetahui adanya pengaruh antara self-efficacy terhadap kemampuan komunikasi
matematis siswa. (3) Mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan
komunikasi matematis siswa. (4) Mengetahui pengaruh self-efficacy terhadap
kemampuan komunikasi matematis siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas
IX-B SMP Negeri 8 Pati. Pengambilan subjek menggunakan simple random
sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket gaya belajar, angket self-
efficacy dan tes kemampuan komunikasi matematis. Teknik analisis yang
digunakan yaitu analisis regresi linier sederhana dan koefisien korelasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh antara gaya belajar terhadap
kemampuan komunikasi matematis. (2) Terdapat pengaruh antara antara self-
efficacy terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. (3) Koefisien korelasi
bernilai positif menunjukkan bahwa antara gaya belajar dengan kemampuan
komunikasi matematis mempunyai hubungan yang positif dengan nilai determinasi
sebesar 23,5%. (4) Koefisien korelasi bernilai positif menunjukkan bahwa antara
vii
self-efficacy dengan kemampuan komunikasi matematis mempunyai hubungan
yang positif dengan nilai determinasi 27,6%.
Kata Kunci : gaya belajar, self-efficacy, kemampuan komunikasi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Teknologi Informasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 03:18 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 03:18 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4883 |