ARSYADI, MUHAMMAD ADHIM (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI KELAS VII B MTS YASPIA GUBUG GROBOGAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Skripsi Muhammad Adhim Arsyadi 22236036.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Muhammad Adhim Arsyadi “Pengaruh model pembelajaran cooperative
learning terhadap hasil belajar passing bawah bola voli kelas VII B MTS
YASPIA Gubug Grobogan”, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan
Dan Rekreasi Fakultas Pendidikan Ilmu Sosial Dan Keolahragaan,
Universitas PGRI Semarang, 2024.
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah penggunaan
model pembelajaran yang kurang pas dan kurang menyenangkan
menyebabkan siswa kurang mengusai untuk belajar teknik passing bawah
dalam bola voli. Untuk menarik perhatian peserta didik agar dapat aktif
dalam pembelajaran PJOK. Materi permainan bola voli perlunya
menggunakan model pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah Bagaimana model pembelajaran cooperative learning terhadap hasil
belajar teknik dasar passing bawah dalam permainan bola voli kelas VII B
MTS YASPIA. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran cooperative learning terhadap hasil belajar passing bawah
kelas VII B MTS YASPIA Gubug Grobogan.
Metode penelitian yang akan digunakan adalah Penelitian tindakan
kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas (PTK) dikenal dan ramai dibicarakan
dalam dunia pendidikan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B
MTS YASPIA Gubug Grobogan yang berjumlah 30 siswa. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu tes keterampilan lompat jauh,
observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian deskriptif kualitatif menunjukkan hasil penelitian
ada 22 siswa atau 73% tuntas dan 8 siswa atau 27% tidak tuntas dari 30
siswa secara keseluruhan. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa
implementasi model pembelajaran cooperative learning dapat meningkatkan
hasil belajar secara signifikan.
Simpulan dalam penelitian ini adalah 22 siswa atau 73% tuntas dan 8
siswa atau 27% belum tuntas, bahwa implmentasi pembelajan dengan model
pembelajaran cooperative learning dapat digunakan sebagai referensi untuk
meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli. Disarankan untuk guru
sebaiknya menggunakan model pembelajaran cooperative learning, karena
dengan menggunkan model pembelajaran cooperative learning dapat
meningkatkan hasil belajar passing bawah siswa secara signifikan.
Kata Kunci: cooperative learning, Passing bawah, Bola voli, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 07:52 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 07:52 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4833 |