PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Sasmitha, Ismi Dwi (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ISMI DWI SASMITHA 19120268.pdf] Text
ISMI DWI SASMITHA 19120268.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ISMI DWI SASMITHA. NPM 19120268. “Pengembangan Media Pembelajaran
Powerpoint Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran IPAS
Siswa Kelas IV Sekolah Dasar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Eka
Sari Setianingsih, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II Choirul Huda, M.Si., M.Pd.
2023.
Berdasarkan wawancara dengan guru kelas IV SD Negeri 02 Blimbing.
menjelaskan bahwa kegiatan belajar mengajar masih sering menggunakan media
pembelajaran konvesional seperti buku pelajaran dan lain sebagainya. Guru
mengakui jika menggunakan media pembelajaran konvesional, siswa banyak yang
mengalami kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Selain
itu, siswa juga merasa bosan, sehingga kurang bersemangat dalam mengikuti
kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu siswa membutuhkan media
pembelajaran interaktif yang dapat menarik perhatian siswa dan memudahkan
siswa memahami materi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1)
Bagaimanakah karakteristik produk pengembangan media pembelajaran
powerpoint interaktif berbasis pendekatan saintifik pada pembelajaran IPAS siswa
kelas IV Sekolah Dasar? 2) Bagaimanakah kevalidan dan kepraktisan produk
pengembangan media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis pendekatan
saintifik pada pembelajaran IPAS siswa kelas IV Sekolah Dasar?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui karakteristik produk
pengembangan media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis pendekatan
saintifik pada pembelajaran IPAS siswa kelas IV Sekolah Dasar. 2) Mengetahui
kevalidan dan kepraktisan produk pengembangan media pembelajaran powerpoint
interaktif berbasis pendekatan saintifik pada pembelajaran IPAS siswa kelas IV
Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research &
Development) dan modifikasi dari tahapan penelitian pengembangan ADDIE
(Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini
dilakukan di SD Negeri 02 Blimbing. Pada Penelitian Pengembangan ini uji
lapangan dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 02 Blimbing.
Hasil penelitian diperoleh kevalidan media pembelajaran powerpoint
interaktif berbasis pendekatan saintifik pada pembelajaran IPAS kelas IV sekolah
dasar berdasarkan hasil penilaian dari ahli media 94,45% dan penilaian ahli
materi 97,45% dengan kategori sangat layak/sangat valid. Kepraktisan media
pembelajaran dinyatakan praktis berdasarkan kesesuaian materi yang diberikan.
Hal ini dibuktikan dengan hasil tanggapan guru 98,3% dan hasil tanggapan siswa
100%. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran powerpoint interaktif
berbasis pendekatan saintifik valid dan praktis untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 08 Jan 2024 02:19
Last Modified: 08 Jan 2024 02:19
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/483

Actions (login required)

View Item
View Item