MAYSAROH, ISNA (2024) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU MENYONTEK SISWA KELAS X SMA PGRI 2 KAJEN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
SKRIPSI ISNA MAYSAROH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Isna Maysaroh. NPM. 19110196. “Pengaruh Minat Belajar dan Teman
Sebaya terhadap Perilaku Menyontek Siswa Kelas X SMA PGRI 2 Kajen”.
Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Dra. Wiwik Kusdaryani. M.Pd.
Dosen Pembimbing II Dr. Venty, S.Ag., M.Pd. 2024.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang berkaitan dengan
kurangnya minat belajar siswa, teman sebaya dan perilaku menyontek siswa kelas
X SMA PGRI 2 Kajen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui
pengaruh minat belajar terhadap perilaku menyontek, 2) mengetahui pengaruh
teman sebaya terhadap perilaku menyontek, dan 3) mengetahui pengaruh minat
belajar dan teman sebaya terhadap perilaku menyontek. Populasi penelitian ini
merupakan seluruh siswa kelas X SMA PGRI 2 Kajen. Berdasarkan pada populasi
tersebut sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 33 siswa.
Data penelitian ini dianalisis menggunakan statistik analisis regresi linear
sederhana dan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan software
SPSS Statistic 26. Hasil penelitian uji regresi linear sederhana menunjukkan
bahwa minat belajar memiliki nilai signifikansi 0,009 dan R = 0,447 yang artinya
bahwa minat belajar berpengaruh secara positif signifikan terhadap perilaku
menyontek. Kemudian teman sebaya memiliki nilai signifikansi 0,015 dan R =
0,421 yang artinya bahwa teman sebaya berpengaruh secara positif dan signifikan
terhadap perilaku menyontek. Hasil penelitian menggunakan uji regresi linear
berganda menunjukkan menggunakan uji regresi linear berganda menunjukkan
ada positif hubungan antara minat belajar dan teman sebaya dengan perilaku
menyontek siswa kelas X SMA PGRI 2 Kajen dengan nilai signifikansi sebesar
0,005 (sig < 0,05) dan nilai R sebesar 0,554. Oleh karena itu, disarankan kepada
pendidik dan siswa dapat memperhatikan tingkat minat belajar dan teman sebaya
yang dimiliki siswa agar tidak mempengaruhi perilaku menyontek.
Kata kunci: Minat Belajar, Teman Sebaya, Perilaku Menyontek
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 07:26 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 07:26 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4819 |