Sriyono, Reika Virgiarini (2024) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI PERMAINAN BOLA BERANTAI DENGAN MEDIA BOLA PLASTIK PADA SISWA KELAS IV MI BAITURRAHIM TEMBALANG KOTA SEMARANG TAHUN 2023/2024. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Reika Virgiarini Sriyono.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Reika Virgiarini Sriyono. 2024. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing
Bawah Bola Voli Melalui Permainan Bola Berantai Dengan Media Bola Plastik
Pada Siswa Kelas IV MI Baiturrahim Kecamatan Tembalang Kota Semarang Tahun
2023/2024”. Skripsi Jurusan PJKR. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas
PGRISemarang.
Setelah dicermati dari latar belakang masalah yang ada, ternyata motivasi
belajar siswa rendah dalam mengikuti pembelajaran permainan bola voli dalam
passing bawah saat pembelajaran siswa tidak tertarik dan kurang semangat, kurang
inovatif dan masih menggunakan metode konvensional serta minimnya sarana dan
prasarana yang tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran
dengan permainan bola berantai dapat meningkatkan kemampuan passing bawah
bola voli pada siswa.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah melalui
pembelajaran bermain dapat peningkatan hasil belajar pada siswa”.Subyek
penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Baiturrahim tahun pelajarn 2023/2024
dilaksanakan pada bulan Mei sampai Juni 2024.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini
dilaksanakan dalam dua siklus, 1) SikIus I, Pembelajaran passing bawah diawali
dengan permainan bola beranting pada siswa. 2) Siklus II, Pembelajaran passing
bawah diawali permainan bola beranting. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah tehnik tes dan observasi, data yang diperoleh dianalisis dengan
analisis deskriptif dengan prosentase.
Hasil penelitian yaitu permainan bola berantai dengan media bola plastik
dapat meningkatkan minat,motivasi dan kemampuan passing bawah pada siswa
sehingga dapat mencapai KKM.Hasil belajar yang diperoleh dari siklus I adalah
sebanyak 16 siswa atau presentase ketuntasan 57,14%.Sedangkan pada siklus II
terjadi peningkatan menjadi 23 siswa atau presentase ketuntasan 82,14% dari
jumlah keseluruhan siswa.Hasil ini menunjukkan dengan pendekatan bermain
pembelajaran passing bawah bola voli lebih mudah diterima oleh siswa.
Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode bermain
dapat berdampak positif terhadap perkembangan peserta didik dalam menguasai
teknik passing bawah, serta menambah wawasan bagi guru dalam mengembangkan
metode pembelajaran. Saran penelitian ini bisa digunakan sebagai referensi bagi
peneliti lain.
Kata kunci: Pembelajaran Passing Bawah Bola Voli, Permainan Bola Berantai,
Bola Plastik
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 07:02 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 07:02 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4799 |