PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT TERHADAP KECANDUAN GAME ONLINE SISWA KELAS XII MAN 1 KOTA SEMARANG

KHOIRUNNISWAH, - (2024) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT TERHADAP KECANDUAN GAME ONLINE SISWA KELAS XII MAN 1 KOTA SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Khoirunniswah-20110113. - KHOIRUNNISWAH.pdf] Text
Khoirunniswah-20110113. - KHOIRUNNISWAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

KHOIRUNNISWAH. NPM 20110113. “Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan
Teknik Self Management Terhadap Kecanduan Game Online Siswa Kelas XII
MAN 1 Kota Semarang”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI
Semarang. 2024.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah banyaknya siswa
yang bermain game online dimanapun dan kapanpun bahkan saat di dalam kelas
sekalipun. Permasalahan dalam penelitian ini adalan apakah bimbingan kelompok
dengan teknik self management berpengaruh terhadap kecanduan game online
pada siswa?. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk true
eksperimental design dengan desain penelitian pre-test post-test control group
design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XII MAN 1 Kota
Semarang, dan sampel yang diambil sebanyak 36 siswa dari kelas XII MIPA 4
dengan menggunakan teknik random sampling berbentuk cluster random
sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui pre-test, post-test, dan
observasi
Hasil analisis angket kecanduan game online berdasarkan uji hipotesis
diketahui bahwa 0.000 < 0,05 maka ada pengaruh bimbingan kelompok dengan
teknik self management terhadap kecanduan game online siswa kelas XII MAN 1
Kota Semarang. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan
adalah supaya bimbingan kelompok dengan teknik self management terhadap
kecanduan game online dapat menjadi salah satu alternatif guru dalam mengajar.
Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Self Management, Kecanduan Game
Online

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Sep 2024 06:55
Last Modified: 25 Sep 2024 06:55
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4794

Actions (login required)

View Item
View Item