PENGARUH MODEL PBL BERBANTU FLIPBOOK BERMUATAN SUSTAINABILITY PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DAN MINAT BELAJAR SISWA SMA

Hasan, Kaniya Nofita (2024) PENGARUH MODEL PBL BERBANTU FLIPBOOK BERMUATAN SUSTAINABILITY PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DAN MINAT BELAJAR SISWA SMA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of KANIYA NOFITA HASAN_17320110 - Kania NH.pdf] Text
KANIYA NOFITA HASAN_17320110 - Kania NH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model PBL
(Problem Based Learning) berbantu Flipbook bermuatan sustainability pada materi
keanekaragaman hayati untuk meningkatkan berpikir kritis dan minat belajar siswa
SMA N 14 Semarang. Metode penelitian ini adalah Eksperimen kuasi (Quasi
Experimental Design) dengan jenis Non-equivalent Control Group Design. Jenis
samplingnya yaitu Sampling jenuh.. Teknik pengumpulan data dengan
menggunakan soal tes dan angket yang diberikan pada siswa. Untuk mengukur hasil
berpikir kritis dan minat belajar siswa soal tes dan angket dilakukan sebelum dan
sesudah diberikan perlakuan atau yang disebut Pre Test – Post Test. Teknik analisis
data pada penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif dengan bantuan SPSS
versi 27. Hasil penelitian kelas kontrol dan kelas eksperimen berdasarkan hasil Uji
Paired Sampel T-Test mendapat nilai Sig. (2-tailed) berpikiri kritis dan minat
belajar dengan hasil 0,001. Dapat disimpulkan bahwa pada kedua kelas tersebut ada
pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
berbantu Flipbook bermuatan sustainability untuk meningkatkan berpikir kritis dan
minat belajar siswa. Hasil Uji Independent Sampel T-Test pada berpikir kritis dan
minat belajar siswa didapatkan nilai 0,001 < 0,05 maka H0 ditolah dan H1 diterima.
Terdapat perbedaan yang signifikan antara menggunakan model pembelajaran
Problem Based Learning (PBL) berbantu Flipbook bermuatan sustainability dan
model pembelajaran konvensional. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantu Flipbook bermuatan
sustainability terhadap peningkatan berpikir kritis dan minat belajar siswa pada
materi keanekaragaman hayati di SMA Negeri 14 Semarang.
Kata kunci : Problem Based Learning (PBL), Flipbook, Sustainability, Berpikir,
Kritis, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Sep 2024 06:29
Last Modified: 25 Sep 2024 06:29
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4779

Actions (login required)

View Item
View Item