PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER RASA INGIN TAHU DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 01 DUKUHSETI

‘Azizy, Qomaruddin (2024) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER RASA INGIN TAHU DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 01 DUKUHSETI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Qomaruddin ‘Azizy.pdf] Text
Qomaruddin ‘Azizy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya peserta didik bermalas-malasan,
kurangnya rasa ingin tahu, dan kurang termotivasi mengikuti pembelajaran.
Karakter peserta didik semakin hari semakin menurun yang secara tidak langsung
akan berdampak pada motivasi dan hasil belajar peserta didik yang menurun.
Peserta didik kehilangan semangat belajar, dan banyak yang memilih izin keluar
kelas ketika proses belajar. Peserta didik banyak yang tidak mengerjakan tugas
pelajaran IPA Biologi yang diberikan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui adanya peningkatan motivasi belajar dengan pendidikan karakter dalam
pembelajaran Biologi peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 01 Dukuhseti.
Metode yang digunakan dalam penelitian dengan pendekatan kuantitatif.
Penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Designs tipe One Group Pretest-
Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII
berjumlah 80 siswa, terdiri dari kelas VIIIA 28 siswa, kelas VIIIB 26 siswa, dan
kelas VIIIC 26 siswa. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIIIA SMP
Negeri 01 Dukuhseti berjumlah 28 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik
sampling purposive. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pendidikan karakter
(rasa ingin tahu), sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah motivasi
belajar Biologi peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 01 Dukuhseti. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik non tes dengan instrumen kuisioner dan
lembar wawancara. Teknik analisis data yang digunakan statistik deskriptif. Uji
hipotesis menggunakan uji Paired sampel t-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar Biologi materi sistem
pernapasan pada manusia peserta didik kelas VIIIA SMP Negeri 01 Dukuhseti,
sebelum diberikan perlakuan pendidikan karakter rasa ingin tahu diperoleh nilai
rata-rata sebesar 55% dalam kategori cukup. Sedangkan motivasi belajar Biologi
materi sistem pernapasan pada manusia peserta didik, setelah diberikan perlakuan
pendidikan karakter rasa ingin tahu diperoleh nilai rata-rata sebesar 74% dalam
kategori baik. Pendidikan karakter rasa ingin tahu dalam pembelajaran Biologi
materi sistem pernapasan pada manusia peserta didik kelas VIIIA SMP Negeri 01
Dukuhseti, diperoleh nilai rata-rata sebesar 71% dalam kategori baik. Hasil uji
Paired sampel t-test yang telah dilakukan diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,000 <
0,05, maka terdapat peningkatan motivasi belajar dengan pendidikan karakter
dalam pembelajaran Biologi peserta didik kelas VIIIA di SMP Negeri 01
Dukuhseti. Dapat disimpulkan bahwa pendidikan karakter (rasa ingin tahu) dapat
meningkatkan motivasi belajar Biologi peserta didik kelas VIIIA di SMP Negeri 01
Dukuhseti.
Kata kunci: Pendidikan karakter, rasa ingin tahu, motivasi belajar, dan
pembelajaran Biologi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Sep 2024 06:24
Last Modified: 25 Sep 2024 06:24
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4776

Actions (login required)

View Item
View Item