ASSANI, PUTRA HARFIAN (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN SEMARANG TIMUR KOTA SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Putra Harfian Assani_20120152_Skripsi_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
PUTRA HARFIAN ASSANI. NPM 20120152. “Analisis Implementasi
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan
Semarang Timur Kota Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas
PGRI Semarang 2024.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah lahirnya kurikulum
merdeka pada tahun 2020 yang mempunyai salah satu capaian yaitu Projek
Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang diimplementasikan melalui program
sekolah penggerak.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana pembentukan tim fasilitator P5 di
Sekolah Dasar Negeri kecamatan Semarang Timur ?, 2) Bagaimana
pengidentifikasian tingkat kesiapan satuan Pendidikan terhadap P5 di Sekolah
Dasar Negeri kecamatan Semarang Timur ?, 3) Bagaimana perancangan dimensi,
tema, dan alokasi waktu P5 di Sekolah Dasar Negeri kecamatan Semarang Timur
?, 4) Bagaimana penyusunan modul projek P5 di Sekolah Dasar Negeri kecamatan
Semarang Timur ?, 5) Bagaimana Pengembangan Topik, Alur Aktivitas, dan
Asesmen P5 di Sekolah Dasar Negeri kecamatan Semarang Timur ?, 6) Bagaimana
implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila di Sekolah Dasar Negeri
kecamatan Semarang Timur ?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini
adalah untuk mengetahui proses mendesain projek penguatan profil pelajar
pancasila.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode
pengumpulan data melalui angket, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian
menggunakan triangulasi teknik dan sumber dari data subjek penelitian SDN
Rejosari 01 dan SDN Rejosari 02.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa impelementasi projek penguatan
profil pelajar pancasila di sekolah dasar negeri kecamatan Semarang Timur
menunjukan keterimplementasian sebanyak 88% dari total 5 tahapan yang ada. Dari
hasil total nilai implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila tersebut
termasuk dalam kategori sangat baik.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah sudah berjalan dengan baik sesuai
tahapan pengimplementasian P5. Ini menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan
oleh sekolah-sekolah tersebut sudah berada di jalur yang benar sesuai buku panduan
dari pemerintah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 04:43 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 04:43 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4758 |