PENGEMBANGAN TABEL PERKALIAN UNTUK MEMFASILITASI KETRAMPILAN BERHITUNG SISWA KELAS 3 SEKOLAH DASAR

SABILAH, PHARADHILA PUTRI (2024) PENGEMBANGAN TABEL PERKALIAN UNTUK MEMFASILITASI KETRAMPILAN BERHITUNG SISWA KELAS 3 SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of PHARADHILA PUTRI SABILAH_SKRIPSI.pdf] Text
PHARADHILA PUTRI SABILAH_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pharadhila Putri Sabilah, NPM 20120405 “Pengembangan Tabel Perkalian untuk
Memfasilitasi Ketrampilan Berhitung Siswa kelas 3 Sekolah Dasar”. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. Pembimbing Ⅰ Dr. Bagus Ardi Saputro, M.Pd Pembimbing Ⅰ Aries Tika
Damayani, S.Pd, M.Pd.
Berdasarkan hasil analisis kebutuhan siswa yang dilakukan peneliti dengan cara
wawancara guru kelas 3 didapatkan permasalahan yaitu mayoritas peserta didik yang
menganggap matematika adalah pembelajaran yang sulit dan membosankan sehingga
berpengaruh pada hasil belajar siswa serta tidak adanya media pembelajaran yang dapat
memfasilitasi ketrampilan berhitung siswa terkait operasi hitung perkalian dasar
sehingga minat belajar matematika menjadi sangat kurang. Tujuan yang hendak dicapai
dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran
Tabel perkalian Pintar dalam memfasilitasi ketrampilan berhitung kelas 3 di SD Negeri
3 Bandengan. 2) Untuk mengetahui media pembelajaran Tabel Perkalian Pintar yang
dikembanagkan untuk memfasilitasi ketrampilan berhitung sisswa memenuhi kriteria
valid dan 3) untuk media pembelajaran Tabel Perkalian Pintar yang dikembanagkan
untuk memfasilitasi ketrampilan berhitung siswa memenuhi kriteria praktis.
Jenis
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan
(Research and
Development) yang berorientasi pada pengembangan produk. Penelitian pengembanagn
ini menghaslkan produk berupa media pembelajaran Tabel Perkalian Pintar untuk
memfasilitasi ketrampilan berhitung siswa kelas 3 sekolah dasar pada materi operasi
hitung perkalian dasar. Teknik analisis yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan
kuantitatif. Instrumen yang digunakan berupa validasi media, validasi materi, respon
guru terhadap media, observasi siswa, dan wawancara guru. Hasil uji kevalidan
diperoleh diperoleh hasil 97,5% dengan kategori “sangat valid” sedangkan hasil validasi
materi memperoleh nilai 96% dengan kriteria “sangat valid”. Hasil uji keraktisan yang
diperoleh dari angket respon guru terhadap media mendapatkan hasil 94% dengan
kriteria “sangat praktis” sehingga dari penlaian tersebut dapat disimpulkan bahwa media
pembelajaran Tabel Perkalian Pintar sangat layak digunakan untuk pembelajaran
matematika materi operasi hitung perkalian dasar.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah media
pembelajaran Tabel Perkalian Pintar dapat digunakan di sekolah dalam jangka waktu
yang panjang sebagai media pembelajaran yang menarik dan inovatif

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Sep 2024 04:16
Last Modified: 25 Sep 2024 04:16
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4743

Actions (login required)

View Item
View Item