Rahmat, Basuki (2024) IMPLEMENTASI PENDEKATAN BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI JARAK PENDEK SISWA KELAS IV SDN 2 BANDUNG MAYONG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Basuki Rahmat.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Basuki
Rahmat/21236047.
Implementasi
Pendekatan
Bermain
untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Lari Jarak Pendek Siswa Kelas IV SDN 2 Bandung
Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi. Fakultas Pendidikan Ilmu
Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang. Juli, 2024.
Hasil pembelajaran jasmani siswa kelas IV SDN 2 Bandung Mayong Jepara,
khususnya nomor lari jarak pendek (sprint) masih dibawah harapan guru yaitu
siswa dapat mengetahui, mempraktikkan teknik lari sprint dan mendaptkan nilai di
atas KKM yang ditentukan yaitu 75, sehingga peneliti mencoba untuk
mengupayakan peningkatan hasil belajar lari jarak pendekmelalui pendekatan
bermain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
lari jarak pendek dengan menerapkan pendekatan bermain. Metode penelitian
yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research)
dengan dua siklus dimana data dikumpulkan melalui lembar observasi. Indikator
keberhasilan pada penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil dari proses
pembelajaran yang meliputi meningkatnya penguasaan materi terhadap gerak
dasar lari jarak pendek meliputi start, lari, dan finish serta adanya perubahan sikap
siswa
dalam
mengikuti
pelajaran yang
meliputi
semangat,
keaktifan,
kesungguhan, dan kerjasama. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan
pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar lari jarak pendek pada
siswa kelas IV SDN 2 Bandung Mayong Jepara, dengan diperoleh rata-rata
perkembangan lari sprint 60 meter pada siklus 1 sebesar 53.19 yang mengalami
peningkatan rata-rata pada siklus 2 sebesar 87.57. Begitu juga terjadi peningkatan
nilai rata-rata penilaian kognitif siswa yang pada pra-siklus mendapatkan nilai
rata-rata 64.3 pada siklus I meningkat menjadi 72 dan meningkat lagi menjadi
79.3 pada siklus II.
Kata Kunci : Pendekatan Bermain, Hasil Belajar, Lari Jarak Pendek
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 04:13 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 04:13 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4741 |