CAHYANI, ARISKA TRI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK PADA PEMBELAJARAN TEMA II SELALU BERHEMAT ENERGI SUBTEMA I SUMBER ENERGI UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
ARISKA TRI CAHYANI 16120154.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
ARISKA TRI CAHYANI. NPM 16120154. “Pengembangan Media POP UP BOOK pada
Pembelajaran Tema II Selalu Berhemat Energi Subtema I Sumber Energi untuk Kelas IV
Sekolah Dasar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Fine Reffiane, S.Pd., M.Pd.
Dosen Pembimbing II Mila Karmila, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini yang dilatar belakangi dari hasil observasi dan wawancara yang masih
kurangnya penggunaan media pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan masih berupa
gambar yang biasa dan belum bisa menarik perhatiannya siswa pada saat guru menyampaikan
materi pembelajaran.Guru belum menggunakan media pembelajaran yang bervariasi yang
dikarenakan masih kurangnya sarana dan prasarana yang ada disekolahan. Kegiatan
Pembelajaran yang dilaksanakan masih berpusat pada guru belum bisa membuat siswa mandiri
dan berpikir kreatif sehingga siswa masih sering merasa bosan dan bermain sendiri. Rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah “ Bagaimana pengembangan media pop up book pada
pembelajaran Tema II Selalu Berhemat Energi Subtema I Sumber Energi Untuk Kelas IV
Sekolah Dasar diterima sebagai media pembelajaran?”. Tujuan dari penelitian ini adalah “untuk
mengetahui apakah media pop up book diterima sebagai media pembelajaran pada Tema II
Selalu Berhemat Energi Subtema 1 Sumber Energi Kelas IV Sekolah Dasar”.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research
and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Teknik
pengumpulan data menggunakan penilaian ahli validasi materi pembelajaran, ahli validasi media
pembelajaran, angket respon guru, dan angket respon siswa. Hasil penilaian rata-rata validasi
ahli materi dan ahli media pembelajaran adalah 96,25% dengan kategori “Baik Sekali”. Hasil
perhitungan angket respon guru SD Negeri 1 Kedungwungu adalah96,43% dengan kategori
“Baik Sekali”. Hasil perhitungan angket respon guru SD Negeri 1 Tlogomulyo adalah 96,43%
dengan kategori “Baik Sekali”. Hasil perhitungan angket respon guru SD Negeri Gaji adalah
100% dengan kategori “Baik Sekali”. Hasil perhitungan angket respon siswa SD Negeri 1
Kedungwungu adalah 88,75% dengan kategori “Baik Sekali”. Hasil perhitungan angket respon
siswa SD Negeri 1 Tlogomulyo adalah 90,36% dengan kategori “Baik Sekali”. Hasil perhitungan
angket respon siswa SD Negeri Gaji adalah 88,92% dengan kategori “ Baik Sekali”. Hasil
perhitungan angket keberterimaan media SD Negeri 1 Kedungwungu adalah 90%. Hasil
perhitungan angket keberterimaan media SD Negeri 1 Tlogomulyo adalah 90%. Hasil
perhitungan angket keberterimaan media SD Negeri Gaji adalah 89,19% Kesimpulannya bahwa
pengembangan media Pop Up Book pada Tema II Selalu Berhemat Energi Subtema I Sumber
Energi Pembelajaran 1 dapat diterima sebagai media pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian
ini saran yang dapat disampaikan adalah media pembelajaran pop up book dapat digunakan
dalam pembelajaran dan dapat digunakan oleh guru sebagai media alternatif yang bisa membuat
menarik perhatiannya siswa dalam mengajar. Media pembelajaran pop up book dapat digunakan
dalam pembelajaran tematik maupun non tematik selama masih berhubungan dengan materi
pelajaran yamg ada. Penelitian dan pengembangan yang belum sempurna ini diharapkan akan
dilakukan penelitian pengembangan selanjutnya dikemudihan hari guna menyempurnakan
penelitian ini. Guru diharapkan bisa mengembangkan inovasi-inovasi yang lebih menarik lagi
dan bisa lebih kreatif lagi dalam membuat media pembelajaran tematik yang baru dari pop up
book dengan tema yang berbeda. agar siswa merasa senang dan tertarik dalam mengikuti
pembelajaran.
viii
Kata Kunci: Pengembangan, media POP UP BOOK, selalu berhemat energi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 02:11 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 02:12 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/474 |