EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PEER TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PASSING BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA KELAS VII MTS NURUL HUDA KECAMATAN NGABLAK KABUPATEN MAGELANG

Parwadi, - (2024) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PEER TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PASSING BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA KELAS VII MTS NURUL HUDA KECAMATAN NGABLAK KABUPATEN MAGELANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Parwadi.pdf] Text
Parwadi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Parwadi “Efektivitas Pembelajaran Peer Teaching Untuk Meningkatkan
Keterampilan Passing Bawah Bola Voli Pada Siswa Kelas VII MTs Nurul Huda
Kecamatan
Ngablak
Kabupaten
Magelang,
Fakultas
Pendidikan
Ilmu
Pengetahuan Sosial Dan Keolahragaan Universitas PGRI Semarang.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya penguasaan teknik passing
bawah bola voli dan metode pembelajaran yang kurang efektif. Hal tersebut
mempengaruhi tingkat keterampilan dan nilai siswa. Penelitian ini dilakukan
untuk mengetahui “Apakah pembelajaran peer teaching efektif dapat
meningkatkan keterampilan passing bawah bola voli?”. Tujuan penelitian ini
adalah untuk meningkatkan keterampilan passing bawah bola voli melalui
pembelajaran peer teaching (tutor sebaya).
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
melalui 2 siklus dengan 2 pertemuan meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan,
observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII MTs Nurul Huda
Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2023/2024 yang
berjumlah 20 siswa terdiri dari 10 siswa putra dan 10 siswa putri. Teknik dan alat
pengumpulan data menggunakan instrumen tes praktik passing bawah bola voli
dan observasi.
Hasil analisis data ketuntasan passing bawah bola voli menunjukkan
bahwa, keterampilan siswa sebelum diadakan tindakan (prasiklus) hanya terdapat
5 siswa yang mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) dengan
persentase sebesar 25% diperoleh nilai rata-rata sebesar 60,3. Penelitian dilakukan
pada siklus I terdapat 11 siswa mencapai ketuntasan dengan persentase sebesar
55% diperoleh nilai rata-rata sebesar 72,4. Selanjutnya, pada siklus II
keterampilan passing bawah bola voli siswa telah meningkat, yaitu terdapat 19
siswa telah mencapai ketuntasan dengan persentase sebesar 95% diperoleh nilai
rata-rata sebesar 89,9.
Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran
peer teaching, efektif dapat meningkatkan keterampilan passing bawah bola voli.
Saran dari peneliti antara lain, kepada para guru penjaskes untuk menerapkan
pembelajaran peer teaching di sekolah dan kepada siswa untuk terus berlatih guna
meningkatkan keterampilan passing bawah bola voli. Bagi peneliti selanjutnya,
hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi.
Kata kunci : keterampilan, passing bawah, bola voli, efektivitas, peer teaching

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Sep 2024 04:10
Last Modified: 25 Sep 2024 04:10
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4738

Actions (login required)

View Item
View Item