WAHYUNI, IRA LELLY (2024) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PERMAINAN SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS X-RPL SMK NEGERI 10 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
IRA LELLY WAHYUNI _20110032 - Ira Lelly wahyuni.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
IRA LELLY WAHYUNI, NPM 20110032. “Pengaruh Bimbingan Kelompok
Teknik Permainan Simulasi Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional
Siswa Kelas X-RPL SMK Negeri 10 Semarang”. Skripsi. Program Studi
Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Pembimbing I Dra. Wiwik Kusdaryani, M.Pd dan Pembimbing II Desi Maulia,
S.Psi., M.Psi., Psikolog. 2024.
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil wawancara dengan guru BK yaitu
sebagian siswa mengalami ketidak stabilan emosi akibat dari penyesuaian diri
terhadap sesama teman dilingkungan sekolah, saling menghakimi ketika
berpendapat, menyimpan dendam, mudah marah, kurangnya rasa empati terhadap
sesama teman, dan tidak menghargai teman yang sedang menyampaikan
pendapat.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Siswa kurang mampu mengelola
emosi dengan baik. 2) Siswa kurang mampu bersikap dan berperilaku asertif. 3)
Siswa kurang mampu untuk menjaga hubungan baik dengan orang lain.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah True Eksperimental Pre-Test Post-Test Control Group
Design. Populasi penelitian ini berjumlah 108 siswa. Sampel dalam penelitian ini
berjumlah 36 siswa dibagi menjadi 2 kelompok. Masing- masing kelompok
eksperimen dan kontrol 18 siswa dengan teknik random sampling. Data penelitian
ini diperoleh melalui skala psikologis.
Berdasarkan hasil penelitian yang yang dilakukan pada siswa kelas X - RPL
SMKN 10 Semarang diperoleh kesimpulan bahwa layanan bimbingan kelompok
dengan teknik permainan simulasi berpengaruh dalam meningkatkan kecerdasan
emosional. Hal ini dibuktikan dari hasil angket kuisioner kelompok eksperimen
yang diperoleh peningkatan nilai mean atau rata-rata dari pretest sebesar 57,6
menjadi posttest sebesar 63,11 dengan kata lain mengalami peningkatan sebesar
9,5%. Selanjutnya hasil uji T diperoleh nilai sig.(2-tailed) 0,001. Artinya dalam
pemberian treatment dengan bimbingan kelompok teknik permainan simulasi
memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kecerdasan
emosional siswa kelas X-RPL SMKN 10 Semarang.
Kata kunci : Bimbingan Kelompok, Permainan Simulasi, Kecerdasan emosional
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 03:53 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 03:53 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4726 |