UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH MELALUI PENDEKATAN BERMAIN LOMPAT TALI PADA SISWA KELAS V MI BINA ILMU GUNUNGJAYA BELIK PEMALANG TAHUN AJARAN 2023/2024

NENIROH, - (2024) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH MELALUI PENDEKATAN BERMAIN LOMPAT TALI PADA SISWA KELAS V MI BINA ILMU GUNUNGJAYA BELIK PEMALANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of NENIROH.pdf] Text
NENIROH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Neniroh “Upaya peningkatan hasil belajar lompat jauh melalui pendekatan
bermain lompat tali pada siswa kelas V MI Bina Ilmu Gunungjaya Belik
Pemalang Tahun Ajaran 2023/2024”, Fakultas Pendidikan Ilmu Sosial Dan
Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2024.
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah Masih minim dan
kurangnya media pembelajaran di MI Bina Ilmu Gunungjaya Belik
Pemalang dalam pembelajaran lompat jauh. Masih minim dan kurangnya
variatif guru dalam mengelola proses pembelajaran lompat jauh di MI Bina
Ilmu Gunungjaya Belik Pemalang. Rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah Apakah melalui pendekatan permainan lompat tali sumpringan dapat
meningkatkan hasil pembelajaran lompat jauh, pada siswa kelas V MI Bina
Ilmu Gunungjaya Belik Pemalang. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan
hasil belajar lompat jauh melalui pendekatan bermain lompat tali atau
sumpringan.
Metode penelitian yang akan digunakan adalah Penelitian tindakan
kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas (PTK) dikenal dan ramai dibicarakan
dalam dunia pendidikan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI bina
ilmu gunungjaya Pemalang yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan
data yang digunakan yaitu tes keterampilan lompat jauh, observasi, dan
dokumentasi.
Hasil penelitian deskriptif kualitatif menunjukkan hasil penelitian ada
26 siswa atau 81% tuntas dan 6 siswa atau 19% tidak tuntas dari 32 siswa
secara keseluruhan. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi
pembelajan dengan pendekatan bermain lompat tali atau sumpringan dapat
meningkatkan hasil belajar lompat jauh secara signifikan.
Simpulan dari penelitian ini adalah Dari 32 anak terdapat 26 atau 81%
siswa yang memperoleh kriteria tuntas yaitu nilai diatas 71 dan 6 orang atau
19% memperoleh kriteria tidak tuntas memperoleh nilai di bawah 71.
Disarankan untuk guru sebaiknya menerapkan modifikasi permainan lompat
tali, karena dengan menerapkan modifikasi permainan lompat tali atau
sumpringan dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan.
Kata Kunci: lompat jauh, lompat tali

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Sep 2024 03:30
Last Modified: 25 Sep 2024 03:30
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4713

Actions (login required)

View Item
View Item