ROSADA, INDY NILA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN Si BaRu (APLIKASI BANGUN RUANG) BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG KELAS IV SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
INDY NILA ROSADA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
INDY NILA ROSADA, NPM 19120202. “Pengembangan Media Pembelajaran Si BaRu
(Aplikasi Bangun Ruang) berbasis Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Matematika
Materi Bangun Ruang Kelas IV Sekolah Dasar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Aries Tika
Damayani, S.Pd., M.Pd. dan Mudzanatun, S.Pd., M.Pd. 2023.
Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan peneliti dengan guru kelas IV
didapatkan permasalahan yaitu guru merasa kesulitan saat pembelajaran matematika dan
kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik bagi anak. Selama ini dalam
proses pembelajaran, siswa belum bisa menangkap materi dengan jelas, hal tersebut
disebabkan kurangnya sumber belajar dan media yang relevan, sehingga materi yang
diterima siswa masih bersifat abstrak.
Permasalahan yang diungkapkan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana
karakteristik pengembangan media pembelajaran Si BaRu (Aplikasi Bangun Ruang)
berbasis Augmented Reality pada materi bangun ruang di kelas IV Sekolah Dasar? (2)
Bagaimanakah kevalidan dan kepraktisan pengembangan media pembelajaran Si BaRu
(Aplikasi Bangun Ruang) berbasis Augmented Reality pada materi bangun ruang di kelas
IV Sekolah Dasar?
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and
development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation, and Evaluation). Media pada penelitian pengembangan ini
harus melalui subjek penilai berupa validasi ahli media, ahli materi, angket tanggapan
guru, dan angket tanggapan siswa agar memperkuat validasi media. Hasil pengembangan
berupa media aplikasi berbasis Augmented Reality. Media pembelajaran aplikasi berbasis
Augmented Reality dinyatakan valid yang dibuktikan dengan hasil validasi oleh ahli
media pembelajaran sebesar 98%, validasi ahli materi sebesar 95 %.
Media pembelajaran Si BaRu berbasis Augmented Reality juga dinyatakan praktis
praktis dengan dibuktikan dari hasil angket respon guru sebesar 100% dan dari angket
respon siswa sebesar 88,8%. Hal ini dapat disimpulkan jika media pembelajaran Si BaRu
(Aplikasi Bangun Ruang) berbasis Augmented Reality valid dan layak digunakan di kelas
IV Sekolah Dasar.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan saran yang dapat
disampaikan adalah media pembelajaran Si BaRu (Aplikasi Bangun Ruang)
berbasis Augmented Reality pada mata pelajaran matematika materi bangun ruang
kelas IV Sekolah Dasar dapat digunakan guru dan siswa sebagai salah satu media
pembelajaran disekolah dan perlu adanya pengembangan lebih lanjut. Hal ini
bertujuan untuk menghasilkan media yang lebih berkualitas dan inovatif.
Kata Kunci : Penelitian dan Pengembangan, Augmented Reality, Si BaRu
(Aplikasi Bangun Ruang)
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 03:18 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 03:18 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4706 |