UPAYA MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH MELALUI PENDEKATAN BERMAIN LOMPAT KANGURU PADA SISWA KELAS V SD IT SALMAN AL FARISI KABUPATEN PATI

Abdillah, Ilham Iqbal (2024) UPAYA MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH MELALUI PENDEKATAN BERMAIN LOMPAT KANGURU PADA SISWA KELAS V SD IT SALMAN AL FARISI KABUPATEN PATI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Ilham iqbal abdillah _22236034 _skripsi.pdf] Text
Ilham iqbal abdillah _22236034 _skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ilham Iqbal Abdillah/22236034. Upaya meningkatkan hasil pembelajaran lompat
jauh melalui pendekatan bermaian lompat kanguru pada siswa kelas V SD IT
Salman Al Farisi Kabupaten Pati. Skripsi. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan
Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang. Agustus, 2024.
Latar belakang masalah penelitian ini adalah kurang berkembangannya proses
belajar mengajar penjasorkes di SD karena tidak adanya sarana dan prasarana
pembelajaran yang tersedia disekolahan tersebut. Sehingga guru penjasorkes
dalam melaksanakan proses pembelajaran bersifat monoton, tidak menarik dan
membosankan maka siswa tidak memiliki semangat dan motivasi dalam
mengikuti pelajaran penjasorkes. Tujuan penelitian ini adalah untuk
meningkatkan hasil pembelajaran lompat jauh pada siswa kelas V SD IT Salman
Al Farisi Kabupaten Pati melalui pendekatan bermain lompat kanguru. Rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah Apakah melalui permainan lompat kanguru
sebagai pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh pada siswa
kelas V SD IT Salman Al Farisi.
Metode penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas dengan kolaborasi
antara peneliti dan teman sejawat sebagai observer. Subyek penelitian siswa kelas
V SD IT Salaman Al Farisi semester genap tahun ajaran 2023- 2024 yang
berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes
keterampilan lompat jauh, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan proses belajar-mengajar meningkat dari
sebelum perbaikan, siklus I dan siklus II, terbukti dari sebelum perbaikan rata-
rata kelas yang dicapai siswa hanya 65 dengan kriteria kurang, siklus I mencapai
72 dengan kriteria cukup dan Siklus II mencapai rata-rata kelas 80 dengan kriteria
“Baik“. Sedangkan target pencapaian KKM, sebelum tindakan 35%, pada siklus
I meningkat menjadi 58% dan pada Siklus II ketuntasan meningkat lagi menjadi
77%.
Simpulkan bahwa pembelajaran lompat jauh melalui permainan lompat kanguru
dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD IT Salman Al Farisi
Kabupaten Pati. Maka penelitian ini dianggap tuntas karena kemampuan siswa
secara klasikal sudah meningkat > KKM. Saran untuk guru menggunakan
permainan lompat kanguru karena dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh
secara signifikan.
Kata Kunci: lompat jauh, lompat kanguru

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Sep 2024 02:20
Last Modified: 25 Sep 2024 02:20
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4676

Actions (login required)

View Item
View Item