MULYONO, IKHLAS AZIZ (2024) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS STEM MENGGUNAKAN GOOGLE SITES PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SD. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
IKHLAS AZIZ MULYONO.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
IKHLAS AZIZ MULYONO. NPM 20120175. “Pengengmbangan Perangkat
Pembelajaran Berbasis STEM Menggunakan Google Sites pada Materi Bangun
Ruang Kelas V SD”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI
Semarang. 2024. Dosen Pembimbing I: Sukamto, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing
II: Husni Wakhyudin, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini menindaklanjuti permasalahan penggunaan perangkat dan
media pembelajaran serta pendekatan pembelajaran yang kurang inovatif oleh guru
dalam pembelajaran matematika. Sehingga mengakibatkan rendahnya konsentrasi
dan minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran. Rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah 1) Bagaimana karakteristik pengembangan perangkat
pembelajaran berbasis STEM menggunakan Google Sites pada materi bangun
ruang kelas V? 2) Apakah perangkat pembelajaran berbasis STEM menggunakan
Google Sites pada materi bangun ruang kelas V memenuhi kriteria valid? 3)
Apakah perangkat pembelajaran berbasis STEM menggunakan Google Sites pada
materi bangun ruang kelas V memenuhi kriteria praktis? 4) Apakah perangkat
pembelajaran berbasis STEM menggunakan Google Sites pada materi bangun
ruang kelas V memenuhi kriteria efektif?
Tujuan penelitian ini untuk melihat sejauh mana perangkat pembelajaran
berbasis STEM menggunakan Google Sites pada materi bangun ruang kelas V
memenuhi kriteri valid, praktis, dan efektif pada pembelajaran materi bangun ruang
kelas V Sekolah Dasar.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (Research
and Development) dengan menggunakan model ADDIE (analyze, design,
development, implementation, and evaluation). Sampel yang diambil 26 siswa kelas
V di SD Negeri Sawah Besar 02 Semarang. Data dalam penelitian ini diperoleh
melalui wawancara, angket, dan tes. Dianalisis menggunakan skala likert untuk
menentukan kevalidan dan kepraktisan, serta menggunakan uji normalitas, uji t, dan
uji N-Gain untuk melihat keefektifan perangkat permbelajaran berbasis STEM
Hasil penelitian pada pengembangan perangkat pembelajaran berbasis STEM
menggunakan Google Sites pada materi bangun ruang kelas V memiliki
karakteristik menarik dan inovatif karena dikembangkan menggunakan media
digital Google Sites dan pendekatan STEM yang mempermudah guru menjelaskan
materi bangun ruang dan memudahkan siswa memahami materi bangun ruang.
Hasil validasi ahli perangkat pembelajaran memperoleh 99% dan validasi media
95%. Serta angket respon guru memperoleh 100% dan angket respon siswa 92,7%.
Dan uji normalitas hasil soal pretest dan posttest berdistribusi normal dan
berdasarkan uji t terdapat pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan
sighitung < 0,05 dan uji N-Gain memperoleh nilai sebesar 0.82 > 0.7 termasuk ke
dalam kategori tinggi dengan persentase 82% sehingga masuk ke dalam kategori
efektif.
Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Pendekatan STEM, Google Sites.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 02:14 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 02:14 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4674 |