PENGEMBANGAN MEDIA PREZI BERBASIS AUGMENTED REALITY MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA FASE C

SATRIO, M. ADIEN BAGUS (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PREZI BERBASIS AUGMENTED REALITY MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA FASE C. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of M. ADIEN BAGUS SATRIO_ 20120336.pdf] Text
M. ADIEN BAGUS SATRIO_ 20120336.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

M.
ADIEN
BAGUS
SATRIO.
NPM
20120336.“Pengembangan
media
pembelajaran prezi berbasisi Augmented Reality pada materi sistem pencernaan
manusia kelas 5 SD Negeri Duwet Kota Pekalongan ”.Skripsi.Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang.Universitas PGRI Semarang 2024. Dosen Pembimbing I: Veryliana
Punamasari.,M.Pd. Dosen Pembimbing II: Drs. Suyitno, M.Pd.
Penelitian ini lahir dari keprihatinan terhadap kurangnya media pembelajaran yang
efektif dan menarik dalam pembelajaran IPA, khususnya pada materi sistem
pencernaan manusia. Kekurangan ini menyebabkan siswa kurang antusias dan
kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan. Untuk mengatasi masalah
tersebut, penelitian ini berfokus pada pengembangan media pembelajaran Prezi
berbasis Augmented Reality.
Penelitian dengan judul 'Pengembangan Media Pembelajaran Prezi Berbasis
Augmented Reality pada Materi Sistem Pencernaan Manusia bertujuan untuk
mengembangkan media pembelajaran yang tidak hanya layak secara akademis
tetapi juga mendapatkan respon positif dari siswa. Metode ADDIE pada penelitian
ini, yang terdiri dari lima tahapan: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi,
dan Evaluasi. Responden dalam penelitian ini adalah 19 siswa dari SDN Duwet,
yang terlibat dalam proses implementasi media pembelajaran.(Muharom, n.d.)
Hasil penelitian “ pengembangan media pembelajaran prezi berbasis Augmented
Reality pada materi sistem pencernaan manusia “ ini menunjukkan bahwa media
pembelajaran yang dikembangkan berhasil mendapatkan persentase kelayakan
yang tinggi. Validator media yang memperoleh presentase 94% ( sangat baik ) dan
materi memperoleh presentase 92% ( sangat baik ) , serta guru pada media
memperoleh 90% dan materi memperoleh 94% dan siswa memeperoleh rata rata
presentase yaitu 92,3%, memberikan penilaian positif yang mengindikasikan
bahwa media ini layak digunakan dalam pembelajaran. Persentase kelayakan yang
diperoleh dari validator media dan materi menunjukkan kesesuaian dengan standar
pendidikan, sementara respon dari guru dan siswa mengonfirmasi bahwa media ini
layak dan menarik, sehingga mendukung keberhasilan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci : Prezi, Augmented Reality

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Sep 2024 02:04
Last Modified: 25 Sep 2024 02:04
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4671

Actions (login required)

View Item
View Item