PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XI SMA ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG

KHAIRUNNISA, HIDAYAH (2024) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XI SMA ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Hidayah Khairunnisa-20110090 - Hidayah Khairunnisa.pdf] Text
Hidayah Khairunnisa-20110090 - Hidayah Khairunnisa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Hidayah Khairunnisa. NPM 20110090. “Pengaruh Layanan Bimbingan
Kelompok Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI SMA Islam Sultan
Agung 1 Semarang”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas
Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Dr. Siti
Fitriana, S.Pd., M.Pd.,Kons., Dosen Pembimbing II Dr. Padmi Dhyah Yulianti,
S.Psi., M.Psi., Psikolog. 2024.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang berkaitan dengan
kemandirian belajar siswa SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Hal ini
disebabkan karena siswa sering mengalami kesulitan dalam belajar, belum bisa
memanfaatkan waktu belajar dengan baik, kurangnya tanggung jawab siswa dalam
belajar, dan kurangnya inisiatif siswa dalam mencari informasi-informasi atau
sumber di luar lingkungan sekolah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk memperoleh
jawaban apakah ada pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik think pair share
terhadap kemandirian belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif
dalam bentuk True Eksperimen Design dengan desain Pretest-Posttest Control
Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI dengan jumlah
259 siswa dengan 9 jumlah kelas. Sampel yang terpilih adalah XI-3 yang dipilih
secara acak menggunakan teknik Cluster Random Sampling.
Hasil perhitungan analisis data diketahui bahwa hasil pre-test pada kelompok
eksperimen memiliki skor rata-rata sebesar (72%) dan hasil post-test pada
kelompok eksperimen menjadi (83%). Berdasarkan hasil skor rata-rata tersebut
dapat diartikan bahwa kemandirian belajar siswa pada kelompok eksperimen
mengalami peningkatan sebesar (11%) setelah diberikan layanan bimbingan
kelompok teknik think pair share. Berdasarkan analisis uji hipotesis diperoleh hasil
signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000, sehingga 0,000 < 0,05 artinya Ho ditolak dan
Ha diterima yang berbunyi "ada pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik
think pair share terdapat kemandirian belajar siswa kelas XI SMA Islam Sultan
Agung 1 Semarang".
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan yaitu layanan
bimbingan kelompok teknik think pair share dapat digunakan guru BK untuk
meningkatkan kemandirian belajar siswa.
Kata kunci : Layanan Bimbingan Kelompok, Kemandirian Belajar, Teknik
Think Pair Share

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Sep 2024 07:57
Last Modified: 24 Sep 2024 07:57
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4659

Actions (login required)

View Item
View Item