APLIKASI INTERAKTIF BERBASIS SAC UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL SISWA MAN 2 KOTA SEMARANG PADA MATERI PENGUKURAN

YUSUF, MUHAMMAD (2023) APLIKASI INTERAKTIF BERBASIS SAC UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL SISWA MAN 2 KOTA SEMARANG PADA MATERI PENGUKURAN. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Muhammad Yusuf.pdf] Text
Muhammad Yusuf.pdf

Download (4MB)

Abstract

Faktor terpenting dalam proses peningkatan pengetahuan siswa khususnya mengenai pemanfaatan teknologi adalah pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Literasi adalah kemampuan memahami dan menggunakan informasi dari berbagai sumber; dengan kata lain, kemampuan membaca, menulis, dan
mengkomunikasikan informasi dengan menggunakan teknologi dan metode populer. Semua perangkat digital, termasuk ponsel, komputer, perangkat lunak, dan internet, semuanya melek digital. Pemanfaatan multimedia merupakan salah satu
teknologi terkini yang dapat membantu meningkatkan literasi digital dalam pendidikan sains. Multimedia digunakan untuk menyajikan konten pembelajaran yang menjadikan pembelajaran lebih efektif.
Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk Menghasilkan Produk Aplikasi Interaktif Berbasis SAC pada Materi Pengukuran, 2) Untuk Mengetahui Kelayakan
Aplikasi Interaktif Berbasis SAC pada Materi Pengukuran. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Research and Development dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Model
ADDIE melibatkan serangkaian langkah-langkah yang sesuai dengan inisialnya yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi.
Hasil kelayakan dan kepraktisan aplikasi interaktif berbasis SAC (Smart Apps Creator) pada materi pengukuran dapat disimpulkan bahwa aplikasi interaktif ini memiliki persentase kelayakan sebesar 80% untuk kelayakan media, 88,75% untuk kelayakan materi, dan 92% hasil persentase kelayakan media dan materi dari respon siswa. Dengan demikian, produk ini dinilai sangat layak digunakan yang
juga termasuk dalam kategori sangat baik.
Kata Kunci: Kelayakan Media dan Materi, Smart Apps Creator, Model ADDIE.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Sep 2024 03:21
Last Modified: 23 Sep 2024 03:21
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4587

Actions (login required)

View Item
View Item