EFEKTIVITAS WAKTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA JAM SIANG HARI DI SMK MUHAMMADIYAH BLIGO

Joyo, Muhammad Waskito (2024) EFEKTIVITAS WAKTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA JAM SIANG HARI DI SMK MUHAMMADIYAH BLIGO. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Muhammad Waskito Joyo.pdf] Text
Muhammad Waskito Joyo.pdf

Download (44MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah penerapan fullday school dengan jadwal kegiatan belajar dari pukul 06.45 s/d 15.30 WIB yang menjadikan perbedaan jam pelajaran PJOK. Jadi, tidak semua kelas dapat melaksanakan pembelajaran di pagi hari, sisanya siang hari.
Perbedaan ini dikhawatirkan mengakibatkan kesenjangan dan resiko terjadinya perbedaan efektivitas pembelajaran PJOK.
Karena perbedaan cuaca dan suhu yang diakibatkan perbedaan pembagian waktu jam mata pelajaran PJOK.
Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana efektivitas
pembelajaran PJOK pada jam siang hari. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMK Muhammadiyah Bligo khususnya pada program studi TKRO, TKJT dan AKL dengan sampel jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui angket dengan skala likert dari 1 sampai 4.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa kelas PJOK Pagi hanya
2% peserta didik yang termasuk kategori sangat tidak efektif, 7% peserta didik dalam kategori tidak efektif, yang masuk dalam kategori cukup efektif terdapat 28%. Sedangkan pada kategori efektif terdapat 45% atau 20 peserta didik dan yang masuk dalam kategori sangat efektif 18% atau 8 peserta didik. Pada kelas PJOK Siang peserta didik yang masuk dalam
kategori sangat tidak efektif mencapai 45,3% dan pada kategori tidak efektif 41,5% peserta didik, 0% pada kategori cukup efektif dan hanya ada 5,7% peserta didik yang masuk dalam kategori efektif dan hanya terdapat 7,5% peserta didik yang masuk dalam kategori sangat efektif.
vii Dengan demikian dapat diketahui bahwa efektivitas
pembelajaran PJOK Pagi dan PJOK Siang sangat berbeda. Maka dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran PJOK yang dilakukan pada siang hari memiliki efektivitas lebih rendah dibandingkan dengan pembelajaran PJOK yang dilakukan pada pagi hari.
Kata Kunci : Efektivitas Pembelajaran, Pembelajaran PJOK Siang Hari

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 23 Sep 2024 03:10
Last Modified: 23 Sep 2024 03:10
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4584

Actions (login required)

View Item
View Item