Robbani, Syahrul (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT DAN STAD TERHADAP KETERAMPILAN SHOOTING ONE HAND SHOOT BOLA BASKET SMP NEGERI 4 SEMARANG TAHUN 2024. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
SKRIPSI_Syahrul Robbani_20230005_PJKR - Syahrul Robbani_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini disebabkan kurangnya keterampilan siswa dalam melakukan keterampilan shooting one hand shoot bola basket dan rendahnya minat siswa dalam menerima materi yang diberikan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TGT dan STAD dalam peningkatan keterampilan shooting one hand shoot peserta didik SMP Negeri 4 Semarang.
Design penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pre eksperimental design. Penelitian ini menggunakan two group pretest posttest design dengan menggunakan metode tes rubrik assessment gerak . Dengan populasi 256 siswa dari
8 kelas. Sampel diambil dengan cara random, penentuan sampel menggunakan cluster random sampling dimana dalam pemilihan sampel ini akan dilakukan dengan cara random atau mengambil kertas dari tempat undian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: 1) teknik tes (tes keterampilan shooting). Uji prasyarat data menggunakan validitas dan rehabilitas. Teknik analisis data yang digunakan statistic deskriptif dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil analisis data, setelah mendapatkan perlakuan atau treatment menunjukkan bahwa: 1) Dengan tingkat kepercayaan = 95% atau (α) = 0.05, banyaknya sampel 32 siswa, diperoleh Ttabel = 1.695. Sesuai hasil analisa,
diperoleh nilai t hitung pretest dan posttest adalah sebesar -2.925 dengan sig (2-tailed) 0.006. Dari hasil nilai mean pretest dan posttest model pembelajaran TGT terdapat perbedaan atau nilai rata-rata pretest dan posttest yaitu sebesar -3.406. dalam model pembelajaran TGT.
Disimpulkan bahwa model pembelajaran TGT berpengaruh terhadap keterampilan shooting one hand shoot di SMP Negeri 4 Semarang. 2) Dengan tingkat kepercayaan = 95% atau (α) = 0.05, banyaknya sampel 32 siswa, diperoleh T tabel = 1.695. Sesuai hasil analisa, diperoleh nilai t hitung pretest dan posttest adalah sebesar -19.989 dengan sig (2-tailed) 0.007. Kemudian dari hasil nilai mean pretest dan posttest model pembelajaran STAD terdapat perbedaan atau nilai rata-rata pretest dan posttest yaitu sebesar -3.344. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran STAD berpengaruh terhadap keterampilan shooting one hand shoot bola basket SMP Negeri 4 Semarang. Saran dari peneliti agar dikembangkan lagi penelitian selanjutnya tentang model pembelajaran tgt dan stad dengan variabel lain.
Kata Kunci : Pembelajaran, TGT, STAD, keterampilan shooting, basket.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 20 Sep 2024 02:25 |
Last Modified: | 20 Sep 2024 02:25 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4567 |