Yahya, Muchammad Ali (2024) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA KELAS VII SMP KESATRIAN 1 SEMARANG MELALUI PENDEKATAN TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING (TGFU). Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Muchammad Ali Yahya.pdf
Download (2MB)
Abstract
Muchammad Ali Yahya “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing
Bawah Bola Voli Pada Siswa Kelas VII SMP Kesatrian 1 Semarang Melalui
Pendekatan Teaching Games For Understanding (TGFU)”, Program Studi PJKR
Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI
Semarang, 2024.
Pendidikan jasmani sering menghadapi tantangan, termasuk metode
pengajaran yang kurang menarik yang dapat membuat siswa bosan dan kurang
aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi adanya pengaruh pada hasil
belajar passing bawah bola voli Pada Siswa Kelas VII SMP Kesatrian 1 Semarang
dengan menggunakan metode Teaching Games for Understanding (TGFU).
Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan metode
Quasy Experiment dan menggunakan desain one group pre-test post-test dengan
dilakukannya pengukuran sebelum diberikan implementasi dan dilakukan
pengukuran kembali setelah diberikan implementasi.
Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini ilai mean paired differences
untuk rata-rata kognitif dan psikomotor adalah sebesar -37.41. Nilai ini
menunjukkan selisih antara mean pre dan post (91.77-54.03=-37.41) dan selisih
perbedaan tersebut antara -43.03 sampai dengan -32.45 (95% confidence interval
of the difference lower and upper). Diketahui t hitung bernilai negatif yaitu sebesar
-14.568, t hitung bernilai negatif ini karena pada hasil pretest lebih rendah daripada
hasil posttest. Dalam konteks kasus seperti ini maka nilai t hitung negatif dapat
bermakna positif, sehingga nilai t hitung menjadi 14.568. Selanjutnya adalah tahap
mencari nilai t tabel, diketahui df adalah sebesar 30 dan nilai ini kita gunakan
sebagai acuan dalam mencari nilai t tabel pada distribusi nilai t tabel statistik.
Maka didapatkan nilai t tabel adalah sebesar 2.042. Dengan demikian,
karena nilai t hitung 14.568 > t tabel 2.042, maka sebagaimana dasar pegambilan
keputusan di atas dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga
dapat dsimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar pre-test dan
post-test
Kesimpulanya adalah ada pengaruh yang signifikan pada peningkatan hasil
belajar passing bawah bola voli dengan metode Teaching Game For Understanding
(TGFU) di SMP Kesatrian 1 Kota Semarang, dan pendekatan TGFU sangat efektif
dalam peningkatan hasil belajar siswa di SMP Kesatrian 1 Semarang.
Kata kunci: Bola Voli, Passing Bawah, Teaching Games for Understanding
(TgfU)
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Sep 2024 06:31 |
Last Modified: | 18 Sep 2024 06:31 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4554 |